Termahal di Dunia, Jaguar Lawas Ini Akan Dilelang Akhir Januari 2018

Riyandy Aristyo · Selasa, 26 Desember 2017 - 15:42 WIB

Jaguar OKV 2 (Foto: Thedrive)

LONDON, iNews.id- Sebelum Jaguar meluncurkan kendaraan E-Type, terlebih dulu pabrikan asal London, Inggris tersebut telah memproduksi Jaguar D-Type. Jaguar lawas dengan tipe D tersebut dirancang dengan menggunakan desain inovatif yang biasa digunakan untuk penerbangan.

Seperti dilansir iNews.id dari Thedrive, Selasa (26/12/2017), tiga tahun berturut-turut Jaguar D-Type telah mendominasi diajang balap Le Mans. Sampai saat ini sebuah mobil Jaguar lawas tersebut mencatatkan sejarah sebagai kendaraan termahal dan diminati di dunia.

Jaguar D-Type hanya diproduksi 87 unit saja disamping juga menciptakan 5 varian pengembangan yang disebut dengan ‘Works’ D-Type untuk menguji dan menghaluskan mobil.

Mobil yang dijuluki dengan  OKV 2 itu, akan dilelang di acara RM Sotheby's Arizona pada 2018 seharga USD15 juta. Presentasi lelang akan dilakukan di Phoenix, Arizona pada akhir Januari.

Mobil lawas ini tercatat mempunyai aktifitas paling tinggi. Pada tahun 1950 saja telah berpartisipasi lebih dari 55 balapan dengan 5 kali kemenangan berturut-turut dan 24 kali menaiki podium.

Jaguar OKV 2 ini menjadi mobil nomor satu setelah ditangani oleh 16 supir uji pabrik Jaguar yang legendaris termasuk Stirling Moss yang telah melakukan uji coba pada 1954 lewat event ‘24 Hours of Le Mans’.

Adapun Jaguar OKV 2 merupakan salah satu kendaraan yang wajib dimiliki kolektor kaya raya. Kendaraan ini dilengkapi dengan mesin cadangan dan sekumpulan dokumen termasuk dokumen FIA, foto mobil, dokumen asal pabrikan, catatan dari pengemudi, dan formulir registrasi dari balapan Le Mans pada 1954.

 


Editor : Nanang Wijayanto

KOMENTAR