Motor Diesel Sangar Ini Pakai Suku Cadang Camry dan Suzuki Swift

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 12 September 2018 - 10:08 WIB
Motor Diesel Sangar Ini Pakai Suku Cadang Camry dan Suzuki Swift

Turner membangun sepeda motor dengan konsep yang benar-benar gila, menggendong mesin diesel injeksi Yanmar 840cc. (Foto: Ride Apart)

LOS ANGELES, iNews.id - Rumah produksi, Turner membangun sepeda motor dengan konsep yang benar-benar gila. Motor berkelir warna hijau ini menggendong mesin diesel injeksi Yanmar 840cc.

Dilansir dari Ride Apart, Rabu (12/9/2018), mesin kuda besi tersebut bernapas melalui sepasang turbocharger RHB31 yang disimpan dengan pendingin intercooler Suzuki Swift.

Awalnya, Turner ingin menggunakan diesel pabrikan dalam set diesel-listrik untuk menyalakan generator listrik menggunakan roda secara individual. Namun, ternyata sangat mahal karena sistem kelistrikan memerlukan biaya besar.

Sebab itu, Turner beralih ke pengaturan hidrostatik, di mana roda-steelies dari Toyota Camry, yang diaktifkan motor hub hidrolik didukung pompa roda gigi hidrolik. Motor hub hidraulik adalah model seri Eaton 200.

Motor Sangar
Kecepatan tertinggi motor ini 98 mil per jam. Namun, tidak disebutkan berapa tenaga atau torsi maksimal kuda besi tersebut. Tapi, karena ini adalah mesin diesel output maksimal setidaknya tiga atau empat digit angka.

Saat diparkir, motor ini hanya duduk di rel bingkainya. Motor yang memiliki 11 kaki ini tidak perlu kickstand. Melihat bagimana motor ini beroperasi memang cukup rumit. Jika melihat tampilannya, motor ini bak sebuang tank perang beroda dua.


Editor : Dani Dahwilani