Geser Dominasi BMW, Honda Kuasai Pasar Motor Adventure Italia

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 12 September 2018 - 20:11 WIB
Geser Dominasi BMW, Honda Kuasai Pasar Motor Adventure Italia

Penjualan motor gede (moge) adventure di Italia direbut skutik Jepang, Honda X-ADV. (Foto: Ride Apart)

MILAN, iNews.id - Setelah bertahun-tahun memuncaki klasemen penjualan motor dual-purpose premium adventure, akhirnya BMW Motorrad menyerah. Di Italia, penjualan motor gede (moge) tersebut direbut skutik adventure Jepang, Honda X-ADV.

Dikutip dari Ride Apart, Rabu (12/9/2018), sejak Januari hingga Agustus 2018, penjualan motor tersebut mencapai 3.233 unit, unggul tipis 53 unit dari BMW R1200GS yang meraih penjualan 3.180 unit.

Sejak melakoni debut sebagai motor konsep di ajang EICMA 2016, Milan, Italia, pabrikan berlogo sayap tersebut menyebut motor ini sebagai crossover adventure bike, namun diregistrasikan sebagai skutik.

Motor ini bisa dibilang unik karena menawarkan kenyamanan berkendara khas skutik, tapi memiliki nuansa petualang. Hal ini terlihat pada desain body dan karakter mesin yang tangguh dipadu fitur-fitur canggih seperti ABS, Honda Selectable Torque Control (HSTC), riding mode, instrumen panel full-digital, power outlet, dan bagasi luas.

Urusan dapur pacu, Honda X-ADV dibekali mesin 2-silinder inline SOHC 745 cc liquid cooled. Konfigurasi tersebut disokong sistem pengabutan injeksi dan mampu menyemburkan tenaga sebesar 54 hp dengan torsi maksimum 68 Nm.

Sementara sektor kaki-kaki dipercayakan pada suspensi depan upside-down dan berpadu dengan velg jari-jari 17 inci berbalut ban 120/70. Untuk bagian belakang menggunakan monoshock, velg jari-jari 15 inci dan ban 160/60.

Perusahaan membanderol Honda X-ADV dengan harga sekitar Rp192 juta di Inggris. Sementara itu, di kampung halamannya skutik petualang tersebut dibanderol Rp166 jutaan.

Di Indonesia, Honda X-ADV belum dipasarkan. Namun, skutik adventure ini telah menampakkan wujud aslinya pada gelaran IIMS 2018 lalu untuk melihat animo pasar. Jadi, masih ada kemungkinan Honda X-ADV beredar di Tanah Air.


Editor : Dani Dahwilani