Pakai Basic Geely Boyue, Proton Siapkan SUV X70

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 12 September 2018 - 22:01 WIB
Pakai Basic Geely Boyue, Proton Siapkan SUV X70

Proton akan meluncurkan SUV X70, yang merupakan Geely Boyue yang diperbarui bagian wajahnya alias facelift. (Foto: Paultan)

BEIJING, iNews.id - Kabar mengenai kehadiran sport utility vehicle (SUV) terbaru Proton akhirnya terkuak. Mobil berlabel X70 ini sebenarnya adalah Geely Boyue yang diperbarui bagian wajahnya alias facelift.

Dikutip dari Paultan, Rabu (12/9/2018), secara visual, Proton X70 sedikit berbeda dari Geely Boyue, terutama dari grille dengan tiga bilah horizontal besar, sebagai latar belakang logo Proton. Lalu tulisan Proton di garnish pintu belakang. Selain itu, tidak ada yang berbeda.

Di bagian interior, X70 menggunakan jok kulit, door trim dan lingkar kemudi Nappa. Auto dual-zone climate control dan sistem infotainment layar sentuh 8-inci dengan koneksi 4G, sebagai penunjang kenyamanan dan hiburan.

Fitur lain ada kamera 360 derajat yang dapat menampilkan tampilan 3D di sekeliling kendaraan. Kamera ini juga berfungsi sebagai automatic emergency braking dan adaptive cruise control.

X70
Soal performa, mobil ini akan dibekali mesin bensin 4-silinder 1,8-liter TGDi turbocharged yang menghasilkan tenaga hingga 181 hp dan torsi 285 Nm, disalurkan melalui transmisi otomatis konvensional 6-percepatan. Berdasarkan hasil pengetesan internal di China, konsumsi bahan bakar mobil ini mencapai 12,8 km/liter.

X70 menjadi model Proton pertama yang menerapkan huruf dan numerikal. Butuh proses panjang untuk mendapatkan nama tersebut. Bahkan, masyarakat turut serta memilih nama dari X7, PX7, X70 sampai X700. Alhasil, 60 persen memilih X70 dan untungnya nama itu diterima di pasar ASEAN dan pasar international lain tanpa harus mengubah nama lain.

Dari situ terkuak bahwa Proton tidak hanya fokus pada penjualan X70 di Malaysia, tertapi juga di luar Malaysia. Hal tersebut dibuktikan Proton dengan mengirimkan 500 insinyur ke Geely untuk mempelajari aspek teknis dan kualitas produk.

X70
Yoshiya Inamori, VP of manufacturing Proton mengatakan, melihat kualitas produk China semakin mengalami peningkatan. Inamori yang lama bekerja untuk Mitsubishi menilai Proton bakal belajar dan mendekati kualitas Geely dan bahkan Volvo.

Untuk memastikan kualitas produk sama dengan Geely, batch pertama Proton X70 masih didatangkan utuh (CBU) dari China. Sementara persiapan pabrik Tanjung Malim terus dilakukan sebelum mulai merakit X70 pada pertengahan tahun depan.

Kabarnya, SUV ini juga akan ikut mewarnai pasar otomotif di Indonesia. Jika benar, maka Wuling dan DFSK akan segera mendapat pesaing baru dari pabrikan negara yang sama, China.


Editor : Dani Dahwilani