Punya Motor Gede di Rumah, Begini Cara Merawatnya Agar Awet

Riyandy Aristyo · Kamis, 13 September 2018 - 07:15 WIB
Punya Motor Gede di Rumah, Begini Cara Merawatnya Agar Awet

Meski serupa, merawat motor gede (moge) tidak seperti menjaga sepeda motor sport biasa atau skuter. (Foto: Ilsutrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Para pecinta motor gede (mode) di Indonesia dari tahun ke tahun terus bertambah. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya komunitas atau klub moge.

Bagaimana cara merawat moge agar performanya terjaga dan awet? Hari Triadji, presiden direktur PT Garda Andalan Selaras (GAS), pemegang merek Triumph, mengatakan, meski serupa merawat moge tidak seperti menjaga sepeda motor sport biasa atau skuter.

"Kalau soal perawatan, sebenarnya sama saja dengan motor pada umumnya. Pembedaanya adalah dicek secara menyeluruh dan detail. Karena kalau rusak spare partnya mahal," ujar Hari, saat berbincang ringan dengan iNews.id, beberapa waktu lalu.

Dia pun memberikan tips-tips merawat motor gede agar awet dan sehat. Berkut ulasannya:

1. Ganti oli secara rutin

Paling utama dalam perawatan moge adalah mengganti oli secara rutin. Hal ini diperlukan agar mesin terjaga dan kinerja kendaraan tetap prima.
 
"Sebaiknya setiap 2.000 km oli moge harus diganti. Meskipun jarang digunakan, ganti oli harus tetap dilakukan secara teratur dan jangan lupa menggunakan oli sesuai dengan jenis moge," kata Hari.

2. Perhatikan kualitas bahan bakar

Ketika memutuskan untuk membeli moge, hal yang pelu diperhatikan yaitu tentang bahan bakar yang digunakan. Biasanya penggunaan bahan bakar untuk moge, yaitu pertamax atau pertamax plus.

"Moge itu kan mesinnya sudah Euro 4. Jadi, bahan bakarnya juga harus standar Euro 4 seperti Pertamax Turbo atau sekelasnya," ujar Hari.

3. Rutin mengecek rantai

Pengecekan rantai pada moge minimal dilakukan satu kali dalam sebulan. Tidak bisa dipungkiri ketegangan rantai akan mengalami perenggangan. "Bila rantai moge Anda sudah renggang gantilah dengan yang baru, jangan sampai diakali," katanya.

4. Cek bagian kelistrikan terutama aki

Merawat aki atau beterai kendaraan sangat penting. Hal itu berlaku juga untuk aki moge. Apabila akinya lemah, langkah yang paling tepat, yaitu mengisi air aki yang kurang dan mengisi ulang kelistrikan kurang lebih 2,5 jam. Sementara untuk aki kering biasanya ada usia pakai. Jika sudah lemah segera ganti yang baru.

"Jika motor gede (moge) Anda tidak digunakan dalam waktu relatif lama, alangkah baiknya kabel aki pada kutub negatif (-) dilepas," kata Hari.

5. Kontrol tekanan angin ban

Kontrol terhadap tekanan angin ban merupakan salah satu cara merawat moge agar lebih awet. Nah, jika tekanan angin di bawah batas standar, bisa berpengaruh pada kestabilan moge saat digunakan. Bahkan, dapat membahayakan pengendara.

"Umumnya, tekanan angin pada ban depan moge sekitar 32 sampai 34 psi, sedangkan roda belakang 39 hingga 41 psi," ujar Hari.


Editor : Dani Dahwilani