Dukung Kendaraan Rendah Emisi, Inggris Akan Beri Pelat Nomor Khusus

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 13 September 2018 - 12:01 WIB
Dukung Kendaraan Rendah Emisi, Inggris Akan Beri Pelat Nomor Khusus

Rencana pemerintah Inggris memberlakukan pelat nomor khusus bagi kendaraan beremisi rendah akan segera terealisasi. (Foto: Carscoops)

LONDON, iNews.id - Rencana pemerintah Inggris memberlakukan pelat nomor khusus bagi kendaraan beremisi rendah akan segera terealisasi. Pelat ini juga termasuk mesin hydrogen.

Dilansir dari Autocar, Rabu (12/9/2018), hal ini dilakukan agar kendaraan rendah emisi bisa mudah dibedakan dan menumbuhkan kesadaran serta mendukung skema zona emisi rendah. Departemen Transportasi Inggris sudah merilis skema yang mirip dengan sistem yang juga diterapkan di Norwegia, Kanada dan China

"Inggris memiliki sejarah yang membanggakan dalam memimpin dunia tentang kemajuan teknologi dan itu tidak berbeda untuk kendaraan dengan emisi ultra rendah, yang mana kita berada pada garis terdepan. Transportasi baru yang lebih bersih dan ramah lingkungan berpotensi membawa udara lebih bersih, lingkungan lebih baik, dan ekonomi lebih kuat bagi negara-negara di seluruh dunia," ujar Sekretaris Departemen Transportasi Inggris, Chris Grayling.

Dalam skema tersebut, akan dipertimbangkan dengan desain pelat yang lebih potensial. Apakah memungkinkan membedakan pelat depan dan belakang, atau hanya menyematkan simbol berwarna hijau dengan tanda khusus.

"Penambahan lencana hijau ke kendaraan adalah cara brilian untuk membantu meningkatkan kesadaran akan popularitas mereka yang semakin meningkat di Inggris, dan bisa mendorong orang berpikir mempertimbangkan rutinitas perjalanan mereka," kata Grayling.


Editor : Dani Dahwilani