Ide Atasi Macet, Elon Musk Dapat Izin Bangun Terowongan Bawah Tanah

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 16 September 2018 - 23:15 WIB
Ide Atasi Macet, Elon Musk Dapat Izin Bangun Terowongan Bawah Tanah

Boring Company, perusahaan Elon Musk dapat izin membangun terowongan dengan sistem lift yang terhubung ke garasi rumah di Hawthorne, California, AS. (Foto: Carscoops)

CHICAGO, iNews.id - Bukan Elon Musk namanya jika tidak punya ide gila. Melalui salah satu unit perusahaannya, Boring Company, Musk telah mendapatkan izin membangun terowongan dengan sistem lift yang terhubung ke garasi perumahan di Hawthorne, California, Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari Carscoops, Minggu (16/9/2018), Mercury News melaporkan, pemerintah mengizinkan Boring Company menggali jalur vertikal di garasi perumahan yang akan diperluas ke terowongan bawah tanah menuju markas SpaceX.

Musk ingin melihat mobil menurunkan poros pada lift yang dirancang khusus dan dimuat ke skate listrik yang dapat mengangkut mobil melalui terowongan.

Tujuan utama bos Tesla itu adalah memiliki jaringan ratusan terowongan di bawah tanah Los Angeles (LA) untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. Dia percaya membangun terowongan lebih masuk akal daripada memperkenalkan mobil terbang.

Proposal dari Boring Company melibatkan lift yang mengangkut kendaraan dari permukaan tanah ke terowongan, di mana mereka akan dibawa ke tujuan seluruh kota. Bersamaan dengan lift yang terletak di rumah-rumah mereka akan tersedia akses jalan umum.

Meskipun membutuhkan biaya yang sangat besar dalam membangun sistem transportasi revolusioner ini, Boring Company tidak ragu mewujudkan ide ini.

"Apa yang kami ingin lakukan adalah menunjukkan bukti konsep dan secepat mungkin," kata perwakilan Boring Company, Brett Horton.

“Kami tidak meminta proses publik. Ya, kami bergerak cepat. Kami mencoba merevolusi transportasi dan tidak macet,” ujarnya.

Ini bukan satu-satunya proyek Boring Company. Pada pertengahan Juni 2018, perusahaan Musk akan membangun sistem Loop bawah tanah antara Bandara Chicago O'Hare ke pusat kota.


Editor : Dani Dahwilani