Cara Sederhana Mengetahui Usia Ban Kendaraan

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 18 September 2018 - 07:15 WIB
Cara Sederhana Mengetahui Usia Ban Kendaraan

Untuk mengetahui bagaimana usia ban, pertama perhatikan Tyre Identification Number (TIN) yang terletak di bagian sisi ban. (Foto: Tire Buyer)

JAKARTA, iNews.id - Ban adalah komponen penting pada kendaraan. Tapi, masih banyak orang yang tidak memperhatikan kondisi ban. Salah satunya memeriksa umur atau usia pakai ban.

Kapan usia ban harus diganti? "Pada dasarnya, ban usia lebih dari lima tahun, sudah harus diganti dengan ban baru. Ban lama biasanya getas karena fleksibelitasnya berkurang," ujar Kepala Manajer Planet Ban, Lenteng Agung Supriyatna, saat ditemui iNews.id di Lenteng Agung, Senin (17/9/2018).

Supriyatna mengatakan, untuk mengetahui bagaimana usia ban, pertama perhatikan Tyre Identification Number (TIN) yang terletak di bagian sisi ban.

Kode Ban
"TIN biasanya mencantumkan beberapa kode yang mengidentifikasi tanggal produksi, mulai dari bulan hingga tahun," katanya.

"Biasanya terdapat tulisan DOT 5KE5 OPTS 1315 pada sisi ban. Lihat angka terakhirnya, misal 2613. Angka ini artinya ban dibuat pada pekan ke-26 tahun 2013," ujar Supriyatna.

Kedua, pastikan ban memiliki standar keselamatan, seperti dari Department of Transportation (DOT) - standar Amerika Serikat dan berstandar nasional Indonesia (SNI).


Editor : Dani Dahwilani