5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Beli Suku Cadang Motor

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 07:11 WIB
5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Beli Suku Cadang Motor

Banyak masyarakat awam yang tertipu dengan keberadaan suku cadang aspal, perhatikan lima tips sederhana ini. (Foto: AHM for iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Merawat sepeda motor, banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya, dalam memilih suku cadang. Hal tersebut penting untuk menjaga performa dan sepeda motor awet.

Terlebih, saat ini banyak suku cadang asli tapi palsu (aspal). Bentuknya sesuai tetapi merek dan kualitasnya tidak sesuai standar. Banyak masyarakat awam yang tertipu dengan keberadaan suku cadang ini.

Bagaimana cara membedakannya? General Manager Parts Division PT Astra Honda Motor (AHM), Dheni Setiawan memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk mengenali suku cadang berkualitas. Berikut ulasannya:

1. Kenali produk dan kemasan

Langkah awal yang perlu diperhatikan oleh konsumen sepeda motor saat membeli suku cadang salah satunya adalah pastikan kemasan dalam keadaan baik, tidak sobek, dan kemasan belum terbuka untuk menjamin keaslian. Selain kemasan, konsumen sebaiknya membeli suku cadang di tempat yang terpercaya atau yang bekerja sama dengan Agen Pemegang Merk (APM).

“Untuk konsumen sepeda motor Honda, dapat membeli di bengkel AHASS dan toko suku cadang resmi motor Honda yang menyediakan layanan purna jual suku cadang,” kata Dheni.

2. Membeli di jaringan terpercaya

Untuk mendapatkan suku cadang berkualitas dan terpercaya, pastikan pemilik sepeda motor membeli suku cadang di jaringan toko yang menjadi rujukan produsen sepeda motor. Sering kali hal ini terlupakan oleh konsumen dengan membeli suku cadang di toko yang tidak bekerja sama.

“AHM memiliki 4.617 toko suku cadang resmi dan 3.777 jaringan AHASS yang juga menjual suku cadang di seluruh Indonesia. Toko resmi ini memiliki Shop Sign suku cadang resmi motor Honda atau dapat menghubungi main dealer Honda terdekat untuk mendapatkan informasi lokasi toko rekanan suku cadang motor Honda,” ujar Dheni.

3. Stiker barcode

Perhatikan kondisi stiker barcode yang tertera pada kemasan suku cadang dalam kondisi baik, tidak rusak, sobek atau tulisannya jelas. Selain itu, pastikan tampilan hasil proses scan barcode sesuai dengan produk suku cadang yang diinginkan.

“Produk suku cadang Honda Genunie Part (HGP) yang dikeluarkan AHM memiliki fisik barcode dalam bentuk dua dimensi dan tidak dicetak pada kemasan” ujar Dheni.

4. Hologram

Stiker hologram merupakan salah satu hal yang sering dijumpai pada kemasan suku cadang sepeda motor. Pada stiker hologram, perhatikan lapisan hologram tidak terlepas dan logo tercetak dengan jelas.

“Pada HGP yang terdapat di toko suku cadang yang bekerja sama dengan AHM, stiker hologram memiliki hologram berwarna keemasan bukan berwarna kuning,” kata Dheni.

5. Perbanyak informasi

Selain memperhatikan kondisi kemasan, konsumen harus perhatikan suku cadang yang ingin dibeli. Salah satunya dengan perbanyak informasi melalui media masa yang terpecaya atau meminta saran teman yang pernah membeli produk tersebut.

“Sebagai contoh pada produk kampas rem yang sering kita temui di pasaran, kampas rem asli sepeda motor memiliki lining pad yang kasar dan berwarna abu-abu tua dengan serbuk tembaga”  kata Dheni.


Editor : Dani Dahwilani