BMW Perusahaan Asing Pertama di China Kuasai Saham 50 Persen Lebih

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 23:05 WIB
BMW Perusahaan Asing Pertama di China Kuasai Saham 50 Persen Lebih

BMW akan kembali mengakuisisi 25 persen saham (dari 50 menjadi 75 persen) atas perusahaan lokal Brilliance China Automotive senilai 4,2 miliar dolar AS. (Foto: Carscoops)

MUNCHEN, iNews.id - Produsen mobil asal Jerman, BMW, menjadi perusahaan asing pertama yang menguasai lebih dari 50 persen saham atas perusahaan patungan di China. Berapa persentase saham yang mereka akuisisi?

Dikutip dari AFP, Jumat (12/10/2018), rencananya BMW akan kembali mengakuisisi 25 persen saham (dari 50 menjadi 75 persen) atas perusahaan lokal Brilliance China Automotive senilai 4,2 miliar dolar AS (Rp63,9 triliun).

Jika terwujud, BMW menjadi perusahaan mobil asing pertama yang menguasai lebih dari 50 persen saham atas perusahaan lokal, lantaran sebelumnya kepemilikan saham pabrikan mobil asing di China dibatasi tidak boleh lebih dari 50 persen.

"Usaha patungan adalah landasan kesuksesan merek BMW di pasar tunggal terbesarnya. BMW Group dan Brilliance menjadi contoh kerja sama yang sukses di China," ujar pimpinan BMW, Harald Kruger.

Perubahan aturan kepemilikan saham menjadi keuntungan bagi pembuat mobil asing yang bisa memiliki bagian lebih besar atas kontrol dan keuntungan dari kegiatan penjualan di China.


Editor : Dani Dahwilani