Toyota Jadi Brand Mobil Paling Bernilai di Dunia Rp813 Triliun

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 14:15 WIB
Toyota Jadi Brand Mobil Paling Bernilai di Dunia Rp813 Triliun

Toyota mempertahankan predikatnya sebagai merek mobil paling bernilai di dunia mencapai 53,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp813 triliun. (Foto: Pualtan)

TOKYO, iNews.id - Produsen mobil Jepang, Toyota, berhasil mempertahankan predikatnya sebagai merek mobil paling bernilai di dunia dalam Best Global Brand 2018. Nilai perusahaan ini mencapai 53,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp813 triliun (kurs Rp15.227/dolar AS), naik 6 persen dari tahun lalu.

Dikutip dari Paultan, Selasa (9/10/2018), secara keseluruhan dari berbagai brand di dunia, Toyota berada di peringkat ketujuh di bawah enam merek, yakni Apple, Google, Amazone, Microsoft, Coca-cola dan Samsung. Artinya, hanya Toyota, perusahaan mobil yang mampu bersaing dengan perusahaan di luar otomotif.

Di bawah Toyota, ada merek mobil Jerman, Mercedes-Benz yang juga mengalami peningkatan sebesar 2 persen. Nilai pabrikan yang bermarkas di Kota Stuttgart itu mencapai 48,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp740 triliun.

Di bawahnya bertengger pabrikan Jerman lain, yaitu BMW yang nilainya justru turun sebesar 1 persen menjadi 41 miliar dolar AS atau Rp624 triliun. Sementara Honda mengekor di belakang yang nilainya mencapai 23,6 miliar dolar AS, setara Rp359 triliun.

Di bawah Honda dihuni pabrikan Amerika, yaitu Ford yang memiliki nilai perusahaan mencapai 13,9 miliar dolar AS atau senilai Rp212 triliun. Sementara itu, pertumbuhan terbesar terjadi di kubu Ferrari, naik 18 persen menjadi 5,76 miliar dolar AS atau setara Rp87 triliun.

Brand 2018


Editor : Dani Dahwilani