Alfred Riedl, 2 Kali Bawa Timnas Indonesia ke Final Piala AFF

Haryo Jati Waseso ยท Jumat, 30 November 2018 - 20:34 WIB
Alfred Riedl, 2 Kali Bawa Timnas Indonesia ke Final Piala AFF

Alfred Riedl. (Foto: HOANG DINH NAM/AFP)

JAKARTA, iNews.id – Pelatih asal Austria Alfred Riedl tak bisa dilepaskan dari sejarah sepak bola Indonesia. Dia menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil membawa tim nasional Indonesia dua kali ke partai final Piala AFF.

Mantan pelatih timnas Vietnam dan Laos itu sukses melakukannya di gelaran 2010 dan 2016. Riedl ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia pertama kali pada Mei 2010. Kala itu, dia pun ditargetkan membawa Tim Garuda juara Piala AFF 2010.

Di eranya, Riedl membawa pemain naturalisasi Cristian Gonzalez ke dalam skuatnya. Timnas pun tampil digdaya pada fase grup, dengan meraih kemenangan di tiga yang dilakoni.

Bahkan timnas berhasil mengalahkan rival sekaligus Thailand dengan skor 2-1. Pada babak semifinal Bambang Pamungkas dkk, berhasil menaklukkan Filipina di kandang maupun tandang dan menghasilkan agregat 2-0.

Sayang di babak final, timnas Indonesia dikalahkan Malaysia dengan agregat 2-4, setelah kalah 0-3 saat tandang dan hanya menang 2-1 di kandang. Banyak yang berharap Riedl bertahan, tetapi dualisme kepengurusan PSSI membuatnya dilepas.

Dia kembali ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia pada 2013, untuk bersiap melakoni Piala AFF 2014. Sayang, timnas harus tersingkir di fase grup. Kegagalan itu membuat Riedl dipecat lagi.

Tetapi, dua tahun kemudian untuk ketiga kalinya dia dipilih kembali sebagai pelatih timnas Indonesia. Di ajang Piala AFF 2016, pria yang kini berusia 69 tahun itu membentuk skuat dari dari gabungan pemain muda dan senior.

Langkah awal timnas di fse grup ajang itu sempat terseok-seok karena skalah dari Thailand dengan skor 2-4 di laga perdana. Pada laga kedua, mereka hanya bermain imbang 2-2, melawan Filipina.

Timnas akhirnya lolos ke semifinal sebagai runner-up grup, usai mengalahkan Singapura 2-1 dan di laga lainnya Filipina yang menjadi pesaing dikalahkan Thailand 0-1. Di semifinal timnas Indonesia menang agregat 4-3 atas Vietnam.

Thailand pun menunggu timnas di partai puncak. Saat bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, timnas mampu menang dengan dengan skor 2-1. Sayang, kala melakoni laga tandang, timnas takluk dengan skor 0-2.

Meski meneruskan daftar pelatih yang hanya mampu membawa timnas menjadi runner-up Piala AFF, pencapaian dua kali Riedl ke final dengan timnas belum ada yang mampu menyamai. Apalagi, kegagalan Pasukan Merah Putih menjadi juara berlanjut di gelaran 2018, dengan gugur di fase grup.

Sementara itu, Grab sebagai Official Mobile Platform Partner, berkomitmen menghadirkan dukungan kepada timnas Garuda yang bertanding di AFF Suzuki Cup 2018 apapun hasilnya Menang ku Sanjung Kalah ku Dukung #KobarkanSemangatGaruda #KalahMenangGarudaDiDadaku.


Editor : Haryo Jati Waseso