Piala AFF 2018

Disiarkan Langsung iNews, Ini Prediksi Timnas Filipina Vs Vietnam

Reynaldi Hermawan ยท Minggu, 02 Desember 2018 - 12:15 WIB
Disiarkan Langsung iNews, Ini Prediksi Timnas Filipina Vs Vietnam

Filipina akan menjamu Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2018 di Stadion Panaad, Bacolod, Minggu (2/12/2018) malam. (Foto: affsuzukicup.com)

BACOLOD, iNews.id – Tim nasional Filipina akan menjamu Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2018 di Stadion Panaad, Bacolod, Minggu (2/12/2018) malam dan disiarkan langsung iNews pukul 18.30 WIB
 
Bagi tuan rumah, laga nanti merupakan momen penting untuk dimenangkan sebelum melakoni pertemuan kedua di Hanoi, Kamis (6/12/2018). Untuk itu, Pelatih Filipina Sven-Goran Eriksson meminta anak asuhnya tampil maksimal di depan pendukung sendiri. 
 
Sayang, pada laga nanti, tim berjuluk The Azkals itu tidak bisa diperkuat beberapa pemain seperti kiper Neil Etheridge, defender Daisuke Sato dan Stephan Palla, serta gelandang John-Patrick Strauss. Mereka dipanggil klubnya masing-masing. 
 
Dengan absennya mereka, kini skuat Filipina hanya tersisa 18 pemain. Biar begitu, Eriksson enggan meratap. Arsitek Swedia itu sadar sudah tugasnya sebagai pelatih menyiapkan formasi terbaik dengan situasi apa pun. 
 
Eriksson menegaskan Filipina tak gentar dengan statistik apik Vietnam yang berhasil menjadi juara Grup A dengan berbekal 10 poin hasil tiga kemenangan serta satu hasil imbang. Hebatnya, dalam keseluruhan laga tersebut, The Golden Star bisa mencetak delapan gol tanpa pernah kebobolan. 
 
“Kami tahu akan bertemu tim yang bagus. Saat ini kami hanya memiliki 18 pemain dan itu tentu membuat saya sedikit kesulitan. Tapi saya pastikan keseluruhan pemain tersebut siap tampil. Jadi, mari lihat apa yang terjadi pada laga nanti,” kata Eriksson dikutip laman resmi AFF. 
 
Sementara dari kubu tim tamu, Pelatih Vietnam Park Hang-seo mengaku senang bisa beradu taktik dengan Eriksson. Ya, nama terakhir merupakan juru taktik yang pernah menangani tim besar seperti Lazio dan timnas Inggris. 
 
Walau kalah dari segi pengalaman internasional, Hang-seo tak gentar dan siap meraih kemenangan di Bacolod. Bahkan, nakhoda Korea Selatan itu sudah memiliki taktik untuk meredam agresivitas The Azkals
 
“Mereka (Filipina) memiliki pelatih tingkat internasional (Eriksson). Suatu kehormatan bagi saya bisa menghadapinya. Saya sudah melihatnya berkali-kali di televisi. Tapi saya tegaskan kami tidak takut dengan mereka. Kami sudah melakukan persiapan dengan matang dan siap memberikan yang terbaik,” tutur Hang-seo. 
 
“Melihat permainan di penyisihan grup, Filipina terlihat memiliki gaya bermain yang beda dengan kami. Mereka kuat secara fisik dan kerap menggunakan umpan panjang ketika menyerang. Situasi seperti itu yang harus kami waspadai,” ujarnya. 
 
Rekor pertemuan kedua tim di ajang Piala AFF sejauh ini dikuasai Filipina. Dalam tiga laga yang pernah dilakini, The Azkals berhasil memetik dua kemenangan dan sisanya Vietnam. Namun, satu-satunya kemenangan The Golden Stars hadir pada pertemuan terakhir di edisi 2014 dengan skor 3-1. 
 
PERKIRAAN PEMAIN 
FILIPINA (4-4-2) 
Falkesgaard; Arguinaldo, De Murga, Silva, Steuble; Schrock, J. Younghusband, Manny Ott, Ramsay; Reichelt, P. Younghusband 
Pelatih
: Sven-Goran Eriksson 
 
VIETNAM (3-4-3) 
Van Lam; Duy Manh, Ngoc Hai, Dinh Trong; Trong Huang, Xuan Truong, Quang Hai, Van Hau; Cong Phuong, Anh Duc, Van Quyet 
Pelatih
: Park Hang-seo 
 
REKOR PERTEMUAN

28/11/2014

Piala AFF

Vietnam
vs Filipina

3-1

27/11/2012

Piala AFF

Vietnam
vs Filipina

0-1

05/12/2010

Piala AFF

Filipina
vs Vietnam

2-0

 
Prediksi: 55-45


Editor : Abdul Haris