Imbang Lawan Thailand, Malaysia Lolos ke Final Piala AFF 2018

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 21:00 WIB
Imbang Lawan Thailand, Malaysia Lolos ke Final Piala AFF 2018

Pemain Malaysia Norshahrul Idlan (kanan) mencetak gol yang membuat kedudukan imbang 2-2, ketika menghadapi Thailand di leg kedua semifinal Piala AFF 2018, Rabu (5/12/2018). Hasil ini membuat Malaysia lolos ke final karena unggul agresivitas mencetak gol di kandang lawan. (Foto: Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

BANGKOK, iNews.id – Tim nasional Malaysia melaju ke Final Piala AFF 2018 usai berhasil menahan imbang Thailand dengan skor 2-2 pada leg kedua semifinal di Stadion Rajamangala, Bangkok, Rabu (5/12/2018) malam.

Memang, agregat kedua tim saat ini 2-2, mengingat pada pertemuan pertama di Stadion Bukit Jalil, Sabtu (1/12/2018) lalu kedua tim bermain imbang tanpa gol. Namun, Harimau Malaya berhak melaju ke partai pamungkas karena unggul agresivitas gol tandang.

Pada laga yang disiarkan iNews itu, Thailand yang tampil di depan pendukung sendiri langsung mengambil inisiatif menyerang sejak awal permainan. Namun, solidnya lini pertahanan tim tamu, membuat tim berjuluk The War Elephants itu kesulitan menemukan celah untuk menembak.

Thailand akhirnya berhasil memecah kebuntuan setelah Bek Malaysia Muhammad Irfan membuat gol bunuh diri pada menit ke-21. Tertinggal satu gol, Malaysia tak patah semangat dan langsung menaikkan intensitas serangan.

Hasilnya, tim besutan Tan Cheng Hoe itu bisa menyamakan kedudukan tujuh menit kemudian berkat torehan Muhammad Syahmi. Skor imbang 1-1 bertahan hingga peluit paruh pertama dibunyikan.

Memasuki babak kedua, arsitek Thailand Milovan Rajevac mengubah strategi dengan memainkan Sumanya Purisai untuk menggantikan Mongkol Tossakai guna menambah daya gedor.

Usaha juru taktik Serbia itu membuat aliran serangan timnya lebih bervariasi. Hasilnya, pada menit ke-64, Pansa Hemviboon berhasil mencetak gol dan membuat timnya kembali unggul. Sayang, kemenangan yang sudah di depan mata harus sirna karena Malaysia kembali menyamakan kedudukan lewat sumbangan Norshahrul Idlan pada menit ke-71.

Pada penghujung laga, Thailand mendapatkan momentum mencetak gol dari titik putih setelah Syahmi Safari handsball di kotak terlarang. Sayang, striker andalan The War Elephants sekaligus top skor Piala AFF 2018 sementara Adisak Kraisorn gagal melaksanakan tugasnya, karena eksekusinya melambung di atas gawang Malaysia.

Pada partai final, Malaysia akan menghadapi pemenang antara laga Vietnam melawan Filipina di Stadion My Dinh, Hanoi, Kamis (6/12/2018) malam. Vietnam secara matematis di atas angin setelah menang 2-1 pertemuan pertama di Stadion Panaad, Bacolod, Minggu (2/12/2018).

SUSUNAN PEMAIN
THAILAND (4-3-3)
Budprom; Roller (Sriyarngem 76), Kerdkaew, Hemviboon, Wiriyaudomsiri; Puangchan, Kesarat (Anan 46), Dechtimir; Tossakai (Purisai 63), Kraisom, Jaided
Pelatih:
Milovan Rajevac

MALAYSIA (4-4-1-1)
Mohd Farizal; Syahmi, Aidil Zaufan (Muhammad Irfan 18), Shahrul, Nazirul Naim; Sumareh, Syamer, Akram, Safawi (67); Norshahrul Idlan (Pallraj 80); Zauquan Adha
Pelatih:
Tan Cheng Hoe


Editor : Haryo Jati Waseso