Jika Diminta Latih Timnas Indonesia, Stefano Teco Cugurra Siap

Reynaldi Hermawan · Kamis, 29 November 2018 - 14:30 WIB
Jika Diminta Latih Timnas Indonesia, Stefano Teco Cugurra Siap

Pelatih Persija Stefano Teco Cugurra. (Foto: Persija.id)

JAKARTA, iNews.id – Pelatih Persija Jakarta Stefano Teco Cugurra menyambut positif kabar yang menyebutkan kalau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan meminta dirinya melatih tim nasional Indonesia. Jika PSSI mengajukan tawaran kepadanya, Teco mengaku siap.

Saat ini, PSSI kabarnya tengah mempertimbangkan merekrut pelatih yang mampu membawa timnya kampiun Liga 1 2018 untuk menukangi Tim Garuda. Merujuk hal itu, ada dua nama yang jadi kandidat paling kuat, yaitu Arsitek PSM Makassar Robert Rene Alberts dan Teco.

Baik PSM dan Persija saat ini memiliki kans paling besar jadi kampiun Liga 1. Dengan dua pekan tersisa, PSM nyaman di puncak klasemen dengan nilai 57, unggul satu angka dari Macan Kemayoran di urutan kedua. Sadar dengan situasi tersebut, Teco mengatakan bersedia jika memang nantinya terpilih menjadi nakhoda Tim Garuda usai membawa Persija juara.

“Untuk menjadi pelatih di timnas memang harus memiliki prestasi di level klub. Saya akui menjadi pelatih timnas akan sangat bagus untuk jenjang karier kepelatihan saya,” kata Teco kepada wartawan.

Nakhoda Brasil itu direkrut Persija sejak awal musim lalu. Memang, pada musim perdananya, mantan asisten pelatih Persebaya Surabaya itu belum bisa menunjukkan tajinya setelah hanya membawa Bambang Pamungkas dkk finis di posisi keempat. Tapi ramuannya sukses membawa Persija mengangkat trofi Piala Presiden di awal tahun ini.

Pencarian pelatih baru timnas dilakukan PSSI karena kontrak Bima Sakti telah berakhir usai Piala AFF 2018. Pada hajatan itu, performa Coach Bima juga terbilang kurang membanggakan. Diberi target juara, Hansamu Yama dkk justru tersingkir prematur di fase Grup B.

Dari 4 pertandingan, timnas hanya sekali menang kontra Timor Leste dengan skor 3-1, sekali imbang dengan Filipina (0-0). Dua laga tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Sedangkan saat tandang, pasukan Bima Sakti selalu kalah. Pertama timnas dikandaskan Singapura 0-1 di Stadion Nasional, Kallang, sementara itu, kekalahan kedua dipermalukan Thailand 2-4 di Stadion Rajamangala. 

Sementara itu, Grab sebagai Official Mobile Platform Partner, berkomitmen menghadirkan dukungan kepada timnas Garuda yang bertanding di AFF Suzuki Cup 2018 apapun hasilnya Menang ku Sanjung Kalah ku Dukung #KobarkanSemangatGaruda #KalahMenangGarudaDiDadaku.


Editor : Haryo Jati Waseso