Singkirkan Filipina, Vietnam Tantang Malaysia di Final Piala AFF 2018

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 06 Desember 2018 - 21:24 WIB
Singkirkan Filipina, Vietnam Tantang Malaysia di Final Piala AFF 2018

Kiper Vietnam Dang Van Lam (kanan) terbang menyelamatkan gawangnya dari ancaman serangan Filipina pada leg kedua semifinal di My Dinh Stadium, Hanoi, Kamis (6/12/2018) malam. (Foto: AFP)

HANOI, iNews.id – Timnas Vietnam memastikan langkah ke final Piala AFF 2018 setelah menang 2-1 atas Filipina pada leg kedua semifinal di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Kamis (6/12/2018) malam.

Dengan begitu, Vietnam unggul agregat 4-2 atas lawannya itu setelah pada leg pertama juga menang 2-1 di Bacolod, Filipina, Minggu (2/12/2018).

Sukses ini mengantar tim berjuluk The Golden Star itu melaju ke final untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir. Di laga pamungkas, Vietnam akan meladeni Malaysia, 11 dan 15 Desember mendatang.

Pada leg kedua semifinal yang disiarkan langsung oleh iNews itu, Vietnam langsung tampil menyerang. Tetapi, pertahanan Filipina yang ketat membuat tuan rumah kesulitan untuk menemukan celah. 

Keadaan itu membuat pemain Vietnam Nguyen Trong Hoang mencoba peruntungannya dan menembakkan tendangan jarak jauh di menit ke-11. Sayang, upayanya itu tak membuahkan hasil.

Setelah itu, Vietnam bermain lebih santai dan membiarkan tim tamu menyerang. Hal itu dimanfaatkan oleh Patrick Reichelt yang memberi umpan matang kepada Stephan Schrock di menit ke-25. Tetapi, Schrock justru kehilangan keseimbangan dan tendangannya tak menemui sasaran.

Kemudian, bola lebih banyak tertahan di bagian tengah lapangan. Akibatnya, tidak ada peluang berarti yang tercipta hingga babak pertama usai.

Bertekad untuk memecah kebuntuan, Filipina bermain lebih menyerang di babak kedua. Pada menit ke-56, mereka mendapat peluang emas melalui tendangan bebas. Tetapi, tendangan Kevin Ingresso itu masih bisa digagalkan kiper Vietnam Dang Van Lam.

Tim berjuluk The Azkals itu kembali mendapat tendangan bebas di area berbahaya pada menit ke-73. Schrock pun melepaskan tendangan ke area kotak penalti. Tetapi, tak ada pemain Filipina yang bisa memanfaatkan umpan itu dan akhirnya bola ditangkap Van Lam.

Vietnam akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-83. Nguyen Quang Hai mencetak gol usai meneruskan umpan dari Phan Van Duc. Tendangan Quang Hi itu membuat kiper Filipina Patrick Deyto tak berkutik.

Tuan rumah menggandakan keunggulannya tak lama kemudian. Berhasil menusuk pertahanan Filipina, Nguyen Cong Phuong melancarkan sepakan keras menuju gawang Filipina di menit ke-87. 

Tak mau menyerah begitu saja, Filipina sukses membuat gol hiburan pada menit ke-89. Memanfaatkan sepak pojok, James Younghusband menendang bola dari tengah kotak penalti dan memperkecil ketertinggalan. Sayang, Filipina tak mampu membuat gol tambahan dan harus menyerah di tangan Vietnam.

SUSUNAN PEMAIN 
VIETNAM (5-3-2) 
Van Lam; Dinh Trong, Ngoc Hai, Duy Manh, Van Hau, Trong Hoang; Quang Hai, Xuan Truong (Huy Hung 62), Duc Huy (Cong Phuong 85); Van Duc, Anh Duc (Tien Linh 74)
Pelatih: Park Hang-seo 

FILIPINA (3-4-3) 
Deyto; De Murga (James Younghusband 69), Silva, Aguinaldo; Steuble, Ingresso (Bedic 88), Reed, Ramsay; Phil Younghusband, Reichelt, Schrock
Pelatih: Sven-Goran Eriksson


Editor : Abdul Haris