Begini Tips dan Trik Mencegah Mabuk Perjalanan saat Mudik

Siska Permata Sari ยท Kamis, 06 Juni 2019 - 07:10 WIB
Begini Tips dan Trik Mencegah Mabuk Perjalanan saat Mudik

Tidur menjadi solusi ketika mengalami mabuk kendaraan. (Foto: Expertlawfirm)

JAKARTA, iNews.id - Saat mudik, gangguan kesehatan paling umum dirasakan para pemudik adalah mabuk kendaraan atau perjalanan. Mabuk darat, mabuk laut, maupun mabuk udara merupakan bagian dari mabuk perjalanan yang sering dirasakan oleh sebagian orang.

Gerakan berulang dari kendaraan, menyebabkan mabuk perjalanan yang gejalanya meliputi mual dan muntah saat atau setelah naik kendaraan seperti pesawat, mobil, kereta dan kapal.

Gejala-gejala meliputi mabuk perjalanan di antaranya sakit kepala, gelisah, menguap, berkeringat, perasaan tidak nyaman, dan rasa tidak enak badan. Selanjutnya, gejala yang lebih serius yaitu mual, muntah, muka pucat, berkeringat, napas pendek, pusing dan mengantuk.

Lalu, bagaimana mengatasinya? Mari simak tips dan triknya yang dirangkum iNews.id dari Medical News Today.

Melihat Pemandangan

Melihat pemandangan di luar jendela kendaraan yang bergerak, ternyata dapat membantu mengarahkan kembali rasa keseimbangan batin sehingga menekan risiko mabuk perjalanan.

Menutup Mata atau Tidur

Menutup mata atau tidur adalah pilihan yang baik untuk meredakan mabuk perjalanan. Apalagi jika Anda berada di kendaraan tanpa jendela seperti kapal laut.

Mengonsumsi Jahe

Jahe telah ditasbihkan untuk mengurangi mabuk perjalanan. Anda bisa membawanya dalam bentuk tablet atau batang jahe segar yang bisa dikunyah untuk meredakan gejalanya.

Akupresur

Akupresur merupakan sistem pengobatan tradisional dengan cara menekan beberapa titik bagian tubuh untuk kesembuhan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupresur dapat membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan.

Bawa Obat-obatan

Walaupun pengobatan rumahan efektif, obat-obatan juga merupakan cara yang baik untuk mencegah mabuk perjalanan dan sebaiknya diminum sebelum bepergian. Beberapa jenis obat-obatan itu di antaranya scopolamine, promethazine, cyclizine, permen kunyah dimenhydrinate, dan meclizine.

Selamat mencoba!


Editor : Tuty Ocktaviany