BKN Umumkan Cuti Bersama Lebaran 2019, PNS Dapat Jatah Libur 5 Hari

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 09 Mei 2019 - 19:32 WIB
BKN Umumkan Cuti Bersama Lebaran 2019, PNS Dapat Jatah Libur 5 Hari

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan libur cuti bersama bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mereka akan mendapatkan jatah libur sebanyak 5 hari di luar sabtu-minggu dan Idul Fitri 5-6 Juni 2019.

"(Libur mulai) 30 Mei, tanggal 10 (Juni) masuk," ujar Kepala BKN, Bima Haria Wibisana di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Meski hanya 5 hari, total libur yang diperoleh PNS pada tahun ini mencapai 11 hari. Jumlah tersebut dipastikan lebih banyak dibanding tahun lalu sebanyak 10 hari (10-20 Juni 2018).

Namun, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengaku belum dapat memastikan berapa lama cuti bersama Lebaran. Dia masih menunggu penetapan Idul Fitri oleh Kementerian Agama.

"Mulai puasa tanggal 6, sebelumnya tanggal 3 akan ada sidang isbat terkait idul fitri. Insya Allah libur nasional terkait lebaran 5 dan 6 Juni. Kita kan harus bikin proyeksi libur nasional lebaran setiap tahun," ucapnya.

Pada tahun lalu, pemerintah menetapkan cuti bersama melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri yang ditetapkan tanggal 18 April 2018. Keputusan ini didapat setelah mendengarkan berbagai aspirasi baik dari aspek sosial, ekonomi, maupun keamanan dan ketertiban.

Pemerintah mempertimbangkan cuti bersama dapat memberi waktu yang cukup bagi masyarakat dalam bersilaturahmi juga mempertimbangkan agar dunia usaha dapat beroperasi dengan mendapatkan dukungan pelayanan.


Editor : Rahmat Fiansyah