Cegah Sakit saat Mudik, Tetap Olahraga dan Perhatikan Makan Anda

Siska Permata Sari ยท Rabu, 05 Juni 2019 - 10:31 WIB
Cegah Sakit saat Mudik, Tetap Olahraga dan Perhatikan Makan Anda

Tetap olahraga meski mudik. (Foto: Runtastic)

JAKARTA, iNews.id - Mudik memang menjadi tradisi tahunan yang rutin dilakukan sebagian besar umat Muslim di Indonesia saat libur panjang Hari Raya Idul Fitri. Ini menjadi momen penting untuk berkumpul bersama orangtua, keluarga, dan sanak famili.

Tentunya, Anda tak ingin melewatkan masa liburan sekaligus ajang silaturahmi ini dengan sakit. Untuk itu, walaupun bertemu sanak saudara Anda di kampung halaman sangat penting, tetapi kesehatan Anda juga jauh lebih penting.

Nah, bagaimana cara menjaga kesehatan selama mudik? Berikut tips dan triknya yang bisa Anda ikuti!

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan dengan tindakan sederhana seperti mencuci tangan, memiliki dampak yang besar bagi diri Anda untuk terhindar dari penyakit-penyakit seperti infeksi. Kebersihan tangan sangat penting untuk menghentikan penyebaran infeksi dan dapat mengurangi kemungkinan diare, muntah, keracunan makanan, gastroenteritis, flu, norovirus, MRSA, bahkan hepatitis A.

Tetap Terhidrasi

Saat mudik, Anda dihadapi dengan kemacetan dan kelelahan bila Anda melakukan perjalanan yang memakan waktu lebih dari satu hari. Hal yang paling penting untuk menjaga diri Anda tetap fit dengan tetap terhidrasi. Namun jika Anda sedang menjalani puasa saat mudik, sebaiknya cukup terhidrasi ketika sahur dan berbuka.

Perhatikan Makan Anda

Penyebab terbesar diare dan masalah pencernaan selama mudik adalah tidak berhati-hati dengan asupan makanan Anda. Misalnya, ketika Anda mampir untuk istirahat dan makan di kaki lima. Perhatikan bahwa setiap makanan yang Anda makan adalah segar, dimasak sampai matang, dan disajikan dengan panas. Cara lain, Anda bisa membawa bekal makanan dari rumah.

Tetap Aktif Berolahraga

Ketika Lebaran di kampung halaman, mungkin Anda lupa untuk tetap aktif melakukan olahraga harian Anda. Padahal, salah satu cara terbaik untuk tetap bugar dan sehat, serta melawan infeksi yang tidak diinginkan adalah olahraga.

Lindungi Diri dari Sinar Matahari

Cuaca yang panas akhir-akhir ini dapat membuat kulit Anda yang sensitif itu memerah. Anda dapat menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 atau SPF 30. Selain itu, Anda harus tetap terhidrasi dengan baik jika bepergian di daerah dengan iklim panas atau tropis, serta menutupi diri dengan pakaian longgar, topi, atau syal.


Editor : Tuty Ocktaviany