Kenikmatan Spiritual Ramadan

Kastolani ยท Rabu, 15 Mei 2019 - 04:30 WIB
Kenikmatan Spiritual Ramadan

Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis. (Foto:Repro.cholilnafis.com)

JAKARTA, iNews.id – Ramadan memang bulan spesial dan penuh keistimewaan. Ramadan adalah kado terindah umat Muhammad SAW untuk mereguk kenikmatan spiritual yang tidak diberikan kepada umat-umat sebelumnya.

Ketua Komisi Dakwah MUI, KH Cholil Nafis mengatakan, di Bulan Ramadan banyak momen-momen penting manusia untuk bisa menemukan jati dirinya melalui “riyadlah” (olah batin).

Apalagi di dalamnya dijanjikan Tuhan terdapat malam “lailatulqadar“, sebuah malam yang lebih baik dari 1.000 bulan. Tentu, bulan suci yang datang setahun sekali ini perlu kita sambut secara hati riang, penuh keimanan dan harapan baik (pahala).

“Meski untuk mendekatkan diri kepada Tuhan kita tidak harus menunggu momen Ramadan. Kapan pun dan di mana pun kita bisa, tetapi bulan suci memang menjanjikan kenikmatan spiritual dan raihan pahala melimpah,” kata Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail PBNU itu dikutip iNews.id dari laman cholilnafis.com, Selasa (14/5/2019).

Kiai muda asal Sampang, Madura ini menuturkan, melalui amalan ibadah di bulan yang penuh rahmah ini, seperti puasa, salat, tilawatilquran, memperbanyak sedekah, tafakkur, dan riyadlah, umat Islam akan menemukan jalan spiritual yang pada akhirnya dapat kembali sebagai makhluk spiritual.

“Ramadan memang datang dan pergi pada setiap tahun. Namun jika kita tidak mampu memaknainya hingga mencapai tahapan puncak spiritual (takwa), Ramadhan hanya menjadi rutinitas fisik yang melelahkan,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki