Lebaran 2019, Trafik Layanan Data dan SMS XL Axiata Alami Peningkatan

Dini Listiyani ยท Selasa, 11 Juni 2019 - 15:00 WIB
Lebaran 2019, Trafik Layanan Data dan SMS XL Axiata Alami Peningkatan

Trafik layanan data dan SMS XL Axiata meningkat selama Lebaran. (Foto: XL Axiata)

JAKARTA, iNews.id - Selama Lebaran 2019, XL Axiata mengalami peningkatan trafik layanan. Tak hanya data, layanan seperti SMS juga mengalami peningkatan.

Trafik layanan data XL Axiata meningkat hingga 24 persen dibanding hari biasa. Jika dibandingkan dengan trafik tertinggi pada Lebaran tahun lalu, trafik data saat ini meningkat 57 persen.

Provinsi Jawa Barat dan Lampung menyumbang trafik data paling tinggi selama Lebaran 2019. Di Provinsi Jawa Barat terjadi peningkatan 43 persen dibanding hari biasa.

Sedangkan di Lampung terjadi peningkatan sebesar 38 persen dibanding hari biasa. Selain data, XL Axiata juga melihat adanya peningkatan SMS sebesar tiga persen dibanding biasa.

Sedangkan layanan percakapan atau voice cenderung mengalami penurunan. Sebab, pengguna lebih banyak beralih ke layanan data.

“Satu hal yang paling krusial dalam menyediakan layanan selama libur Lebaran setiap tahun adalah bagaimana kita bisa menyediakan layanan berkualitas, yang merupakan kombinasi antara jaringan dengan performa tinggi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jika kami bisa memastikan semua berjalan baik, maka pelanggan akan nyaman dan trafik dengan sendirinya juga meningkat,” kata Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya dalam keterangan kepada iNews.id, Selasa (11/6/2019).

Lebih lanjut Yessie menambahkan, performa layanan saat libur panjang Lebaran juga merupakan salah satu ujian bagi XL Axiata dalam mengukur performa di sepanjang tahun. 

Karena itu, XL Axiata melakukan persiapan panjang dan serius sejak jauh-jauh hari. Apalagi kecenderungan dan kebiasaan pelanggan dalam mengonsumsi layanan data juga terus berubah seiring dengan cepatnya kemajuan teknologi digital.

Persiapan XL Axiata tidak hanya seputar penambahan kapasitas jaringan atau BTS di jalur mudik. XL Axiata juga melakukan konfigurasi jaringan yang sesuai tren dan kebiasaan pelanggan dalam mengonsumsi layanan, terutama data.

Mencermati lonjakan trafik data yang terjadi dibandingkan hari-hari normal, pelanggan banyak mengakses layanan pesan berbasis data. Trafik akses layanan pesan berbasis data (instant messaging)/WhatsApp, Line, dan sebagainya secara rata-rata meningkat meningkat sebesar 48 persen.

Sedangkan akses layanan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram meningkat 17 persen, streaming video dan sebagainya meningkat sebesar 22 persen, serta akses game sebesar 15 persen. 

Data dari pusat monitoring jaringan XL Axiata juga menunjukkan area-area dengan lonjakan trafik yang signifikan dibandingkan kondisi normal. Sebut saja seperti pusat perbelanjaan meningkat 6 persen, lokasi wisata naik 9 persen, bandara naik 5 persen, dan stasiun kereta rata-rata naik 12 persen.


Editor : Tuty Ocktaviany

TAG :