Mulai Batasi Asupan Makanan Ini demi Kulit Lebih Awet Muda

Siska Permata Sari ยท Selasa, 04 Juni 2019 - 10:15 WIB
Mulai Batasi Asupan Makanan Ini demi Kulit Lebih Awet Muda

Batasi konsumsi daging agar kulit sehat. (Foto: Bastle)

JAKARTA, iNews.id - Kulit yang sehat serta cantik bukan hanya berasal dari produk perawatan wajah harian saja. Kulit sehat dan awet muda, ternyata terpengaruh dari apa yang Anda makan selama ini.

Artinya, peran pola makan sangat penting. Walaupun kita tak dapat mengendalikan segala aspek penuaan seperti faktor usia. Namun percaya atau tidak, pola makan yang sehat dan tepat dapat membuat Anda tampak lebih muda.

Jika Anda menginginkan kulit yang kenyal, tetap berseri-seri, ada makanan-makanan yang harus Anda batasi jumlahnya. Pembatasan makanan dan minuman ini bisa Anda coba mulai dari hari ini.

Nah, apa saja? Mari simak informasinya berikut ini!

Makanan dan Minuman yang Terlalu Manis

Makanan manis penuh gula sangat sulit dihindari, apalagi ketika libur panjang seperti libur Lebaran, di mana minuman dan kue-kue manis bertaburan di meja tamu, meja keluarga, dan meja makan. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan bisa menyebabkan hal buruk bagi kulit Anda. Hal ini karena makanan yang mengandung kadar gula tinggi dapat memicu proses yang dapat mempengaruhi produksi kolagen atau protein yang membuat kulit tetap elastis dan awet muda.

Daging Merah

Hal paling sulit dibatasi ketika libur Lebaran adalah konsumsi daging merah. Memang tak ada salahnya mengonsumsi daging merah dengan batasan yang sesuai. Namun, makan daging merah secara berlebihan terutama daging olahan, dapat memicu penuaan pada kulit, lho. Sebab, daging tersebut mengandung sulfit atau bahan pengawet lain yang memicu peradangan kulit dan mempercepat munculnya penuaan.

Makanan yang Terlalu Asin

Garam memang menjadi salah satu bumbu andalan untuk membuat makanan Anda lebih gurih. Tetapi tahukah Anda jika makanan yang asin dan terlalu banyak dibubuhi garam bisa membuat kulit Anda menua? Sebab, mengonsumsi garam berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan menguras kandungan kolagen di tubuh Anda. Dampak jangka pendeknya, makan terlalu banyak garam juga menyebabkan pembengkakan pada kulit tipis di sekitar mata Anda.


Editor : Tuty Ocktaviany