Tips Menjaga Asupan Sehat bagi Ibu Hamil saat Lebaran

Fajar Adityo Nugroho ยท Rabu, 05 Juni 2019 - 09:32 WIB
Tips Menjaga Asupan Sehat bagi Ibu Hamil saat Lebaran

Bagi ibu hamil harus menjaga asupan makanan saat lebaran. (Foto: Freepik).

JAKARTA, iNews.id - Hari raya Idul Fitri kurang lengkap tanpa bersilaturahmi ke rumah kerabat. Selain momen keakraban, hidangan lebaran tentu menggoda kita untuk menyicipi.

Namun bagi Anda yang tengah hamil tentu was-was jika makan sembarangan. Terutama bagi ibu hamil yang memiliki kemungkinan komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia dan diabetes gestasional harus menjaga asupan makanannya.

Berikut tips panduan yang iNews.id kumpulkan untuk menjaga asupan makanan selama hamil saat lebaran.

1. Konsumsi Buah Sebelum Makan Besar

Mengonsumsi buah sebelum menyantap makanan lainnya, bisa membantu Anda untuk tidak makan berlebihan. Selain itu, kandungan didalam buah juga baik bagi ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes atau memiliki risiko preeklampsia.

2. Makan Sayuran

Usahakan juga mengonsumsi sayur, untuk menurunkan tingkat kolesterol yang bisa timbul karena makanan bersantan yang Anda konsumsi selama lebaran.

3. Batasi Makanan Manis

Banyaknya jenis kue lebaran yang terhidang, sayang jika dilewatkan tanpa mencicipinya. Namun karena kandungan gula yang banyak bisa membuat berat badan Anda naik dengan tidak terkendali. Pilihlah kue yang tidak terlalu manis, atau mengandung sedikit gula. Atau bisa membuat kue sendiri dengan gula pengganti yang lebih sehat.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Selama hamil, usahakan minum banyak air putih. Batasi minuman manis apalagi bersoda, karena kebanyakan asupan makanan dan minuman manis kurang baik bagi bayi didalam kandungan.

5. Ikuti Saran Dokter atau Bidan

Untuk memastikan asupan tetap terjaga, diskusikan dengan bidan atau dokter. Makanan apa yang boleh dan apa yang tidak. Sebisa mungkin harus menuruti saran dari mereka, dan tidak menyantap makanan yang dilarang.


Editor : Adhityo Fajar