Waspada Sakit saat Mudik, Perhatikan Penyebab Penyakit Ini

Siska Permata Sari ยท Jumat, 07 Juni 2019 - 08:11 WIB
Waspada Sakit saat Mudik, Perhatikan Penyebab Penyakit Ini

Alami stres saat mudik. (Foto: Dailymail)

JAKARTA, iNews.id - Hari Raya Idul Fitri tak hanya lekat kaitannya dengan hari kemenangan dan ajang silaturahmi bersama keluarga, serta kerabat dekat. Tetapi juga tradisi mudik yang menjadi bagian dari perayaan Lebaran dari tahun ke tahun.

Saat Lebaran ke kampung halaman, rasanya tidak lucu kalau tiba-tiba sakit dan justru menurunkan kualitas pertemuan dengan sanak saudara. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kesehatan selama liburan.

Yuk perhatikan penyebab-penyebab penyakit saat liburan, seperti dilansir dari Prevention.

Virus

Virus yang ada di bandara, stasiun kereta api, dan terminal bus harus diwaspadai. Sebab, di tempat-tempat transportasi publik itulah peluang penyebaran kuman dan virus meningkat. Apalagi ketika ada yang batuk atau bersin di dekat Anda. Untuk menghindarinya, seringlah untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh makanan. Jika tidak ada air bersih atau kesulitan mendapatkannya, bawalah hand sanitizer.

Air

Di beberapa daerah, air mungkin telah terkontaminasi sehingga kemungkinan terkena penyakit seperti diare, cenderung meningkat. Jika Anda jatuh sakit saat bepergian, pantau gejalanya dengan cermat. Beberapa hari diare mungkin hanya membuat tidak nyaman, tetapi jika Anda benar-benar lumpuh, melihat darah di tinja Anda atau mengalami demam, pastikan untuk segera mencari pertolongan medis.

Melupakan Obat-obatan Anda

Penyakit umum yang diderita pemudik dengan masalah kesehatan tertentu adalah melupakan obat-obatan reguler saat berpergian atau mudik. Jika Anda sedang menjalani pengobatan rutin yang perlu diminum di waktu-waktu tertentu, usahakanlah untuk membawa obat-obatan Anda dan patuh terhadap anjuran dokter.

Stres dan Lelah

Mudik bukan hanya jadi sarana silaturahmi, tetapi juga untuk menikmati liburan spesial bersama keluarga. Namun, seberapa sering Anda bekerja lembur, begadang, dan memaksakan diri untuk bersiap-siap liburan? Stres dan kelelahan itu yang dapat memicu penyakit saat liburan. Tidak ada obat yang mudah untuk mengatasi stres, tetapi merencanakan liburan di awal dan menghindari penumpukan kerjaan bisa dilakukan sehingga Anda dapat menikmati perjalanan yang bahagia dan sehat.


Editor : Tuty Ocktaviany