Asian Games 2018

Anthony Ginting Kalah, Indonesia Tertinggal 0-1 dari Jepang

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 21 Agustus 2018 - 19:39 WIB
Anthony Ginting Kalah, Indonesia Tertinggal 0-1 dari Jepang

Anthony Ginting Sinisuka (Foto: INASGOC/Puspa Perwitasari)

JAKARTA, iNews.id - Jepang unggul 1-0 atas Indonesia pada babak semifinal bulu tangkis Asian Games 2018, setelah Anthony Ginting Sinisuka kalah dari Kenta Momota melalui rubber game 21-14, 14-21 dan 16-21 di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (21/8/2018) malam.

Anthony memulai game pertama dengan baik dan langsung memimpin hingga 4-0. Momota sempat memperikan perlawanan, tetapi dia masih belum bisa mendekati raihan angka Anthony yang sempat memimpin 8-5.

Ketenangan ditunjukkan oleh Momota meski tertinggal. Dia memaksa Anthony melakukan sejumlah kesalahan, sehingga angka kembali rapat, 12-11 untuk keunggulan pebulu tangkis urutan 12 dunia tersebut.

Keadaan itu membuat Anthony langsung memperlebar jarak, hingga 18-13. Dia berhasil menjaga keunggulan sampai game pertama berakhir.

Begitu game kedua dimulai, ritme cepat ditampilkan oleh kedua pemain. Tetapi, hal itu justru merugikan Anthony, kerika smash-nya justru menabrak net dan memberikan angka pertama untuk Momoka.

Keadaan itu dimanfaatkan Momoka untuk membangun momentum, dan memimpin hingga 3-0. Namun, Anthony langsung bangkit dan menyamakan skor 3-3. Sayang, dia tak bisa mempertahankan momentum dan tertinggal 4-6.

Sejumlah kesalahan yang dilakukan Anthony membuatnya makin tertinggal 6-10. Tetapi, dia menemukan ritmenya, sehingga dapat kembali menempel 9-10. Namun, Momoka tak membiarkannya mendekat, dan kembali menjauh 13-10 sebelum akhirnya memenangkan game kedua.

Pada awal rubber game, Anthony bermain lebih menyerang dan unggul lebih dulu. Tetapi, Momoka enggan menyerah dan langsung menyamakan keadaan 3-3. Namun, Anthony langsung menyerang balik untuk merebut keunggulan 5-3.

Momoka terus berharap Anthony melakukan kesalahan lagi. Tetapi, pebulu tangkis Jepang itu belum bisa menyusul dan semakin tertinggal 8-13.

Keadaan itu tak membuat Momota gentar, dan sukses menyamakan skor 15-15. Permainan Anthony yang belum konsisten membuatnya beberapa kali melakukan kesalahan, sebelum akhirnya kalah.

Di pertandingan berikutnya, pasangan nomor satu dunia Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo wajib mengalahkan Taksehi Kamura/Keigo Sonoda untuk menjaga asa Indonesia.

Editor : Abdul Haris