Baru Jalani Operasi, Quartararo: Paling Penting Bisa Balapan

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 10:39 WIB
Baru Jalani Operasi, Quartararo: Paling Penting Bisa Balapan

Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo. (Foto: Filippo MONTEFORTE/AFP)

BARCELONA, iNews.id - Pembalap tim MotoGP Petronas Yamaha Fabio Quartararo mengaku lega dinyatakan siap membalap oleh Federasi Motor Internasional (FIM) untuk Grand Prix (GP) Katalonia di Sirkuit Barcelona, Minggu (16/6/2019). Pasalnya, dia baru menjalani operasi usai GP Italia, dua pekan lalu.

Pembalap asal Prancis itu menjalani operasi, Selasa (4/6/2019), guna mengatasi masalah di lengan kanannya. Selama satu pekan terakhir, Quartararo fokus untuk memulihkan kondisi fisiknya agar bisa kembali bugar.

Quartararo mengaku lengan kanannya sudah terasa membaik dari masalah sindrom kompartemen yang diakibatkan penggunaan otot yang berulang. Meski begitu, dia sadar tak bisa langsung balapan seperti sebelumnya.

“Paling penting adalah FIM menyatakan saya sehat untuk balapan. Tentunya saya tidak berada dalam kondisi 100 persen. Namun, saya merasa cukup baik dan kami harus bisa menangani rasa sakit,” kata Quartararo kepada Crash.

Oleh karena itu, rider berusia 20 tahun tersebut tak mau memaksakan lengannya selama balapan. Dia pun berniat mencari posisi terbaik untuk mengatasi rasa sakit sejak sesi latihan bebas, Jumat (14/6/2019).

“Sesi latihan bebas akan sedikit berbeda, namun saya yakin bisa melewatinya dengan baik. Paling penting tidak memberikan tekanan terlalu besar pada bagian lengan,” ujarnya.

Musim debut Quartararo di kelas MotoGP menunjukkan hasil yang positif, terutama di babak kualifikasi. Dia mampu dua kali start dari baris terdepan, yakni pada GP Spanyol dan GP Italia, serta empat kali finis di 10 besar dari enam balapan.


Editor : Haryo Jati Waseso