Belajar Hadapi Tekanan, Naomi Osaka Siap Pertahankan Gelar AS Terbuka

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Senin, 26 Agustus 2019 - 17:11 WIB
Belajar Hadapi Tekanan, Naomi Osaka Siap Pertahankan Gelar AS Terbuka

Naomi Osaka (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Petenis asal Jepang Naomi Osaka yakin bisa mengatasi tekanan sebagai juara bertahan Amerika Serikat (AS) Terbuka pada edisi 2019. Dia akan memulai perjuangannya dalam mempertahankan gelar pada babak pertama di Billie Jean King National Tennis Center, Senin (26/8/2019) malam. 
 
Osaka mengakui status juara bertahan AS Terbuka memberikan tekanan tersendiri. Apalagi dia datang sebagai unggulan pertama. Namun, Osaka menegaskan sudah belajar untuk tidak teralu memikirkan tekanan. 
 
“Saya sudah belajar bagaimana menghadapi tekanan sebagai juara bertahan. Hal itu sangat membantu saya menghadapi turnamen ini. Saya merasa lebih santai dan nyaman di sini,” kata Osaka di laman resmi WTA. 
 
Prestasi Osaka pada beberapa bulan terakhir memang sedikit mengalami penurunan, hingga predikat nomor satu dunia sempat lepas dari tangannya.

Namun, hal itu disebabkan karena dia tak terlalu nyaman bermain di atas permukaan lapangan rumput dan dan tanah liat. 
 
Kendala itu tampak ketika wanita berusia 21 tahun tersebut tak bisa tampil gemilang di Prancis Terbuka dan Wimbledon. Apalagi dia bisa melaju hingga setidaknya ke putaran keempat AS Terbuka sejak 2016, sebelum menang pada 2018. 
 
“Tentunya beberapa bulan terakhir sangat berguncang. Namun, saya merasa sangat nyaman di sini, terlepas dari segala tekanan. Setiap tahun saya bisa bermain bagus, jadi saya tak khawatir,” ujarnya. 

Kondisi mental yang lebih baik juga membantu meningkatkan keyakinan Osaka. Tahun lalu dia datang ke AS Terbuka, usai menelan tiga kekalahan di putaran pertama. 
 
Kini, dia tiba usai menuntaskan dua turnamen hingga perempat final, yakni Rogers Cup dan Cincinnati Masters. Dia bahkan gagal melaju pada Cincinnati Masters, akibat cedera lutut yang memaksanya mundur. 
 
“Tahun lalu saya menelan tiga kekalahan beruntun, sebelum akhirnya bisa menang. Sedangkan tahun ini saya sudah dua kali menembus babak perempat final, sebelum AS Terbuka. Hal itu membuat saya sangat yakin,” tutur Osaka.

Editor : Abdul Haris