Berkarier di MotoGP, Vinales Justru Takut Kendarai Motor di Jalan Umum

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 24 September 2020 - 11:00 WIB
Berkarier di MotoGP, Vinales Justru Takut Kendarai Motor di Jalan Umum

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (Foto: Motorsport)

BARCELONA, iNews.id - Menjadi rider MotoGP tak membuat Maverick Vinales berani mengendarai motor di jalan raya. Dia justru menilai mengendarai motor di jalanan umum jauh lebih berbahaya ketimbang di lintasan.

Padahal, Vinales sudah bisa mengendarai motor sejak umur 3 tahun, dan bersaing di kelas Minimoto. Dia bahkan sudah mulai balapan di sirkuit sejak 2002, ketika masih berusia 7 tahun.

Berkat kemampuannya, Vinales mampu menjadi juara Moto3 2013, dan sekarang menjadi pembalap MotoGP, sejak 2015. Namun, dia mengaku takut mengendarai motor di jalanan umum.

“Saya rasa hal itu (mengendarai motor di jalan raya) sangat berbahaya. Ketika mengendarai motor di antara mobil, saya merasa hal itu lebih berbahaya ketimbang saat balapan,” kata Vinales dikutip GPOne, Rabu (23/9/2020).

Meski begitu, bukan berarti rider asal Spanyol tersebut tak pernah menggunakan motor di jalanan. Dia pernah memiliki pengalaman memalukan saat terjatuh dari motor ketika mencoba menggoda wanita.

“Saya mencoba mengendarai motor saat berusia 14 tahun, tak pernah melakukannya lagi. Saya pernah mencobanya sekali lagi untuk menarik perhatian wanita,” ujarnya.

“Namun, saya malah terjatuh. Padahal, saat itu saya hanya mengenakan sandal dan pakaian renang. Ketika itu saya merusak motor milik sepupu,” tutur pembalap berusia 25 tahun itu.

Padahal, mengendarai motor di MotoGP tak kalah berbahaya. Dia bahkan nyaris bertemu dengan maut ketika balapan di Sirkuit Red Bull Ring, Agustus lalu. Ketika itu, rem motornya meledak saat melaju dalam kecepatan tinggi.

“Saat itu saya melihat kembali seluruh kejadian. Saya tidak berpikir dan melempar diri. Saya hanya berpikir bagaimana caranya agar tak terlalu sakit dan mengalami cedera,” ucapnya.

Editor : Abdul Haris