Buka Pembangunan Stadion Persija, Anies Ungkap Nilainya untuk Jakarta

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 20:13 WIB
Buka Pembangunan Stadion Persija, Anies Ungkap Nilainya untuk Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan saat pembukaan pembangunan stadion markas Persija di kawasan Sunter, Jakarta, Kamis (14/3/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catha))

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kick off pembukaan untuk pembangunan Jakarta International Stadium di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Kamis (14/3/2019). Anies berharap pembangunan ini membuat nilai Jakarta di mata Internasional semakin tinggi.

Hal itu diungkapkannya ketika memberikan sambutan pada acara yang juga merupakan peletakan batu pertama stadion tersebut. Anies ingin membuktikan bahwa Jakarta pantas disandingkan dengan kota maju lainnya di dunia.

Alhamdulillah, hari ini kita bersama dapat berkumpul untuk melaksanakan cita-cita kita memiliki stadion kebanggaan berkelas Internasional seperti yang dimiliki klub-klub elite dunia,” kata Anies.

Pembangunan stadion dilaksanakan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan diproyeksikan sebagai kandang Persija Jakarta. Hal itu merupakan tindak lanjut komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, untuk mewujudkan keinginan pendukung Persija atau The Jakmania agar memiliki stadion sendiri. 

“Saya mengajak semuanya mari kita dukung orang-orang yang bekerja di tempat ini, mereka sebagian tak pernah terlihat wajahnya. Saya berharap pada semuanya berikan dukungan kalau dari jauh kirimkan doa agar mereka bisa bekerja dengan baik dan tuntas hingga proses pembangunan nanti berakhir Insyaallah di tahun 2021,” tuturnya.

“Saya optimistis, Jakarta mampu menjadi kiblat kemajuan olahraga di Indonesia, baik olahraga prestasi maupun olahraga yang bersifat rekreasi. Jakarta akan memiliki stadion kelas dunia” ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Perlu diketahui, Jakarta International Stadium berlokasi sangat strategis karena berada di wilayah Utara Jakarta dan memiliki beberapa akses yang dekat dengan moda transportasi umum, seperti Commuterline, Transjakarta, LRT dan MRT.

Tak hanya itu, lokasi pembangunan juga dilalui jalan tol inner dan outter ring road sehingga menambah nilai strategis kawasan. Stadion tersebut dirancang dengan luas sekitar 221.000 m2, serta memiliki kapasitas 82.000 penonton.

Untuk pembangunan stadion tersebut, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan anggaran mencapai Rp4,5 triliun, untuk waktu lebih dalam dari 3 tahun. Pada tahun 2019, PT Jakpro telah mendapatkan suntikan dana Rp900 miliar untuk memulai pembangunan.


Editor : Haryo Jati Waseso