Dikalahkan Wakil India, Jonatan Christie Tersingkir dari Swiss Terbuka

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 20:00 WIB
Dikalahkan Wakil India, Jonatan Christie Tersingkir dari Swiss Terbuka

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie. (Foto: PBSI)

BASEL, iNews.id - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie akhirnya harus tersingkir di putaran kedua Swiss Terbuka 2019. Keadaan itu harus diterimanya usai ditaklukkan wakil India Subhankar Dey 21-12, 20-22 dan 17-21 di St. Jakobshalle, Basel, Kamis (14/3/2019) malam WIB.

Jonatan mengawali game pertama dengan penampilan agresif dan mendominasi jalannya pertandingan. Dia langsung memimpin 4-0 di awal, dan terus membangun keunggulan hingga 13-4. Pebulu tangkis berusia 21 tahun itu sukses mematikan langkah Dey untuk memenangkan fase pembuka.

Pada game kedua, Dey seakan mengamuk dan memimpin hingga 6-0. Namun, Jonatan terus berusaha untuk mengejar dan memangkas ketertinggalan menjadi 10-11 pada interval pertama. Dey sempat kembali menjauh 14-10, tetapi Jonatan berupaya untuk menempel ketat sehingga membuat skor menjadi 14-15.

Upaya Jonatan akhirnya membuahkan hasil, sehingga skor sempat imbang 16-16. Sayang, dia tak mampu menjaga konsistensinya dan melakukan berbagai kesalahan, sehingga kembali tertinggal 17-20.

Meski begitu, pemain yang kerap disapa Jojo tersebut segera bangkit untuk mempercepat tempo permainannya hingga memaksakan deuce 20-20. Tetapi, dia malah mati langkah, sehingga harus melanjutkan ke rubber game.

Persaingan yang ketat pun tersaji pada game ketiga. Keduanya saling jual beli serangan, dan skor sempat imbang 4-4. Permainan menyerang yang dilakukan Jonatan, membuatnya mampu memimpin 8-5.

Tak mau kalah begitu saja, Dey pun terus memberikan perlawanan, dan bisa menyamakan kedudukan 12-12. Dia membuat Jonatan kehilangan momentum, dan berbalik memimpin 15-13. Dey pun terus memperlebar jarak, sebelum akhirnya menyingkirkan peraih medali emas tunggal putra Asian Games 2018 tersebut.

Kini harapan tunggal putra Indonesia untuk bertahan di Swiss Terbuka 2019 berada di tangan Anthony Sinisuka Ginting. Dia bakal menghadapi wakil Malaysia Daren Liew untuk memperebutkan tiket ke perempat final.


Editor : Haryo Jati Waseso