Formula 1

Disalahkan karena Performa Tak Sesuai Harapan, Prinsipal Ferrari Dibela Vettel

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 07:17 WIB
Disalahkan karena Performa Tak Sesuai Harapan, Prinsipal Ferrari Dibela Vettel

Pembalap Ferrari Sebastian Vettel. (Foto: AFP)

MARANELLO, iNews.id - Pembalap tim Formula One (F1) Scuderia Ferrari Sebastian Vettel merasa tidak seharusnya prinsipal tim Mattia Binotto disalahkan akibat prestasi Si Kuda Jingkrak yang belum memuaskan. Apalagi, ini menjadi tahun pertama bagi Binotto berperan sebagai pimpinan tim.

Binotto memegang posisi prinsipal tim pada akhir tahun lalu, menggantikan Maurizio Arrivabene. Arrivabene dilengserkan, setelah musim lalu performa Ferrari tak kunjung membaik.

Namun perubahan itu belum juga memberikan hasil positif. Ferrari bahkan belum bisa merebut satu kemenangan pun di musim ini. Hal itu, membuat  kinerja Binotto sebagai prinsipal ikut disorot.

Meski demikian, Vettel merasa Binotto bisa menangani permasalahan tim dengan kepala dingin. Hasilnya, mereka tidak panik dan bisa tetap optimistis menghadapi paruh kedua musim ini.

“Rasanya tidak adil jika membandingkan seseorang dengan yang lain. Situasi setiap tahun sedikit berbeda. Tetapi, dengan pencapaian kami sejauh ini, sebagai prinsipal tim, Mattia sangat tenang,” kata Vettel kepada Crash.

“Kondisi ini tidak mudah, karena kami belum memenangkan balapan. Kami masih jauh dari kesuksesan, dan paruh pertama musim tak berjalan sesuai harapan. Tetapi, seluruh anggota tim masih tenang dan fokus,” ujarnya.

Binotto dianggap bisa merangkul seluruh anggota tim, sehingga skuat Ferrari menjadi kompak. Apalagi, dia sudah bersama tim itu sejak 1995 sebagai mekanik, sebelum akhirnya mendapat promosi ke jajaran manajemen tim.

“Mattia sudah bekerja dengan baik dalam menyatukan tim ini. Hasilnya, semua bisa tetap tenang, tanpa melupakan tujuan tim. Tentunya dia dahulu memiliki peran yang berbeda, tetapi tim ini terus memberikan dukungan kepadanya,” tutur Vettel.


Editor : Haryo Jati Waseso