Gagal ke Final Wimbledon 2019, Nadal: Bukan Saatnya Mencari Alasan

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 13 Juli 2019 - 14:10 WIB
Gagal ke Final Wimbledon 2019, Nadal: Bukan Saatnya Mencari Alasan

Petenis asal Spanyol Rafael Nadal tersingkir dari Wimbledon 2019 di semifinal usai kalah dari petenis Swiss Roger Federer 6-7, 6-1, 3-6 dan 4-6 di All England Lawn Tennis Club, Jumat (12/7/2019) malam WIB. (Foto: Adrian DENNIS/AFP)

LONDON, iNews.id - Petenis asal Spanyol Rafael Nadal tersingkir dari Wimbledon 2019 di semifinal usai kalah dari petenis Swiss Roger Federer 6-7, 6-1, 3-6 dan 4-6 di All England Lawn Tennis Club, Jumat (12/7/2019) malam WIB. Dia tak mau banyak beralasan atas kekalahan ini.

Nadal merasa dirinya sudah mengerahkan sekuat tenaganya demi melawan Federer. Namun, petenis unggulan ketiga itu mengakui permainan sang lawan jauh lebih baik dibandingkan dirinya.

“Bukan saatnya mencari alasan. Saya bermain penuh energi, dan telah tampil penuh semangat sepanjang turnamen. Kali ini, dia memainkan laga yang hebat dan selamat untuknya,” kata Nadal di laman resmi ATP.

Petenis berusia 33 tahun itu menganggap permainannya mengalami penurunan, jika dibandingkan laga-laga sebelumnya. Dia mengaku sama sekali tak bisa menemukan celah pada permainan Federer.

“Jujur saja, perasaan saya saat bermain tidak sebagus sebelumnya. Saya tak bisa mendapat ruang bebas setelah memukul bola, seperti babak sebelumnya. Saya harus bekerja keras untuk membuatnya lengah,” ujarnya.

Peraih dua gelar juara Wimbledon itu merasa Federer bisa menampilkan permainan yang sulit, dan tak menemui kendala berarti. Keadaan itu membuat Nadal tertekan dan harus menyerah di tangan lawannya.

“Sepertinya saya tak bisa memukul dengan baik, dan dia sangat nyaman saat beraksi. Dari situ saja, kondisinya begitu sulit bagi saya. Dia selalu bisa melakukan hal sulit dengan mudah,” ucap 18 kali peraih juara grand slam itu.

“Dia bisa bergerak lebih cepat ketimbang siapa pun. Kemudian dia selalu menekan lawannya, serta mampu menguasai bola. Sulit untuk bisa bermain bagus, dan dia bisa melakukannya tanpa kesulitan,” tutur Nadal.


Editor : Haryo Jati Waseso