NBA

Gunakan Sepatu Beda Warna, LeBron James Kirim Pesan Khusus

Reynaldi Hermawan ยท Senin, 18 Desember 2017 - 18:22 WIB
Gunakan Sepatu Beda Warna, LeBron James Kirim Pesan Khusus

Sepatu hitam dan putih yang dikenakan LeBron James pada pertandingan Cleveland Cavaliers kontra Washington Wizards, Senin (18/12/2017) pagi WIB. (Foto: foxnews.com)

WASHINGTON, iNews.id – Ada yang aneh dalam pertandingan Cleveland Cavaliers kontra Washington Wizards. Pebasket andalan Cavs LeBron James mengenakan sepatu beda warna (putih dan hitam) dengan bertuliskan equality (kesetaraan). Hal itu dilakukan LeBron untuk menyindir Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Pada laga tersebut Cavs berhasil menaklukkan Wizards 106-99 di Capital One Arena, Senin (18/12/2017) pagi WIB. Pebasket berpostur 203 cm itu mengenakan sepatu spesial pada awal laga hingga kuarter kedua berlangsung. Namun pada kuarter ketiga, dia memutuskan kembali menggunakan sepatu dengan warna yang sama.

Di balik sepatu yang dipakai, ternyata memiliki makna tersirat yang ingin disampaikan LeBron. Dia berusaha mengkritik Trump yang menurutnya melakukan tindak diskriminasi pada ras kulit hitam Amerika. Meski tak menyebutkan nama, kata-kata dan isyarat tubuhnya sudah jelas menunjukkan sindiran itu tertuju untuk Trump.

“Jelas saya tahu di mana kami sekarang. Kami tahu siapa yang memimpin negara ini (AS). Kami sebagai orang AS, tidak peduli warna kulit, ras, tidak peduli siapa Anda, kami semua harus mengerti memiliki hak yang sama dan mampu membela sesuatu, serta memiliki hak untuk berbicara,” kata LeBron dikutip USA Today.

Sejak mencalonkan diri sebagai presiden, taipan real-estate itu tak jarang menyudutkan kaum imigran. Bahkan, dia tak segan menyebut warga Muslim sebagai masalah di negaranya dalam pidato-pidato kampanyenya. Perkataan Trump yang kontroversial itu dikhawatirkan akan menjadi pembenaran bagi para pendukungnya untuk melakukan tindakan kebencian.

Benar saja, sehari setelah Trump dilantik menjadi presiden Januari 2017 silam, muncul tulisan rasis di tembok wilayah Durham. “Kehidupan orang kulit hitam tidak penting, begitu juga suara kalian,” begitu bunyi tulisan di dinding tersebut. Kejadian seperti itu tak hanya terjadi sekali, sontak membuat LeBron merasa miris dengan kondisi tersebut.

“Saya telah terang-terangan dan berbicara dengan baik tentang apa yang sedang terjadi di AS. Kami tidak akan membiarkan satu orang mendikte kami. Kesetaraan adalah tentang memahami hak-hak kami. Tak peduli kami kulit hitam atau putih. Apa pun kasusnya, AS adalah negara yang indah,” kata LeBron.

Terlepas dari tindakan sarkasnya, LeBron mampu bermain baik pagi tadi. Dia menjadi bintang pertandingan usai membukukan 20 poin, 15 assist, dan 12 rebound. Triple-double torehannya tersebut merupakan yang ke-61 kalinya selama dia berkarier di NBA.

Saat memakai sepatu spesial itu, LeBron tak mampu memberikan kontribusi baik kepada Cavs. Setelah menukarnya pada kuarter ketiga, dia langsung tampil beringas dan mampu menyumbangkan banyak angka.

“Saya tidak bermain bagus di babak pertama dan kedua. Karena saya sangat percaya takhayul,  pada kuarter ketiga saya akhirnya melepasakan sepatu tersebut,” LeBron mengakhiri komentarnya.


Editor : Abdul Haris