Formula 1

Hamilton Anggap Hukuman Kepada Vettel Tak Diperlukan

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 22:38 WIB
Hamilton Anggap Hukuman Kepada Vettel Tak Diperlukan

Lewis Hamilton (Foto: F1)

MONTREAL, iNews.id  Pembalap tim Formula One (F1) Mercedes-AMG Lewis Hamilton merasa rivalnya Sebastian Vettel sudah kehilangan cukup waktu saat keluar lintasan pada Grand Prix (GP) Kanada, Senin (10/6/2019) dini hari WIB. Hamilton merasa seharusnya hukuman tambahan tidak diperlukan. 
 
Pada balapan itu, pembalap Scuderia Ferrari Sebastian Vettel yang berada di depan Hamilton melakukan kesalahan, sehingga harus keluar lintasan. Namun, manuver Vettel itu dianggap berbahaya, sehingga mendapat penalti waktu selama lima detik.  
 
Meski meraih kemenangan akibat penalti itu, Hamilton merasa tidak seharusnya Vettel mendapat hukuman. Pasalnya, hukuman terhadap Vettel membuat balapan tidak menarik. 
 
“Banyak yang bisa dilakukan F1 untuk membuat balapan lebih baik dan sulit bagi pembalap. Saya ingat kehilangan waktu setelah keluar lintasan ke permukaan rumput atau kerikil ketika masih balapan di GP2 dan F3,” kata Hamilton kepada Crash
 
Pria asal Inggris itu merasa banyak pembalap F1 dimanjakan dengan kondisi sirkuit yang tak memberikan banyak tantangan. Keadaan itu membuat pembalap bisa melanjutkan balap, meski keluar sirkuit. 
 
“Biasanya pembalap pemula yang harus keluar lintasan dan terjebak. Namun, kondisi sekarang memudahkan mereka. Kami terus membahas untuk penggunaan elemen berbeda untuk area sekitar lintasan,” ujarnya. 
 
Walau begitu, pembalap berusia 34 tahun itu menganggap penyelenggara F1 sudah bekerja cukup bagus dan selalu berupaya memberikan yang terbaik. Dia yakin penyelenggara F1 bisa terus melanjutkan kerjanya. 
 
“Pihak penyelenggara selalu berusaha untuk membuat balapan lebih baik. Mereka membuat peraturan dan kami harus berpegang pada hal itu. Saya rasa mereka sudah bekerja cukup baik selama beberapa tahun terakhir,” tutur Hamilton.


Editor : Abdul Haris