Formula 1

Hanya Finis Keempat di GP Australia, Vettel Akui Ferrari Lambat

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 19 Maret 2019 - 22:11 WIB
Hanya Finis Keempat di GP Australia, Vettel Akui Ferrari Lambat

Sebastian Vettel (Foto: The Times)

MELBOURNE, iNews.id  Pembalap tim Formula One (F1) Scuderia Ferrari Sebastian Vettel mengaku heran dengan performa mobilnya pada Grand Prix (GP) Australia di Sirkuit Albert Park, Minggu (17/3/2019). Dia merasa seluruh kekuatan mobilnya mendadak hilang. 
 
Performa Ferrari selama uji coba pramusim di Sirkuit Barcelona pada Februari lalu memang tampak menjanjikan. Mereka konsisten menjadi yang tercepat, dan sempat diunggulkan sebagai pemenang pada GP Australia. Tetapi, pada kenyataannya hal itu tak terwujud. 
 
Vettel justru memulai balapan dari posisi ketiga, di belakang duo Mercedes-AMG Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton. Tetapi, kondisi ban yang buruk membuat Vettel disalip pembalap Red Bull Racing Max Verstappen. Vettel pun harus puas mengakhiri balapan di posisi keempat. 
 
Pembalap asal Jerman itu pun mengaku penasaran mengapa kecepatan selama pramusim menghilang. Dia menuding ban Pirelli yang digunakannya terlalu cepat terkikis, sehingga tak memberikan kecepatan, serta mengubah karakter pengendalian mobil. 
 
“Kami begitu lambat dan mobil tak memiliki traksi selama balapan. Saya begitu senang dengan kondisi ban selama uji coba pramusim di Barcelona. Keseimbangan sudah tepat, respons mobil memuaskan dan saya memiliki banyak keyakinan,” kata Vettel di laman resmi F1. 
 
“Namun, hal tersebut tak saya rasakan sepanjang akhir pekan. Mobil tidak bereaksi sesuai harapan, akibat ban yang kami pasang tidak memiliki traksi. Kami harus menganalisa secara terperinci dalam beberapa hari ke depan untuk bersiap menghadapi balapan berikutnya,” ujarnya. 
 
Walau meraih hasil mengecewakan, pembalap berusia 31 tahun itu merasa hasil keempat, serta rekan satu timnya Charles Leclerc yang finis kelima sudah cukup bagus. Tetapi, Vettel menganggap torehan Ferrari seharusnya bisa lebih baik. 
 
“Performa kami cukup bagus di sejumlah tikungan, dan meraih poin dari posisi keempat. Tetapi, ini bukan hasil yang kami harapkan. Saya yakin informasi yang kami dapatkan bakal memberikan pemahaman lebih jauh,” tutur Vettel.


Editor : Abdul Haris