IDBYTE ESPORT 2019 Jadi Ajang Konferensi Esport Pertama di Indonesia

Diaz Abraham ยท Jumat, 13 September 2019 - 18:32 WIB
IDBYTE ESPORT 2019 Jadi Ajang Konferensi Esport Pertama di Indonesia

IDBYTE ESPORT 2019 resmi digelar dari Jumat (13/9/2019) hingga Sabtu (14/9/2019). (Foto: DIaz Abraham)

JAKARTA, iNews.id - Sejak 2017, perkembangan industri eSport di Tanah Air terus mengalami peningkatan. Bahkan Indonesia menjadi pasar eSport terbesar di Asia Tenggara karena mampu meraup keuntungan sebesar 880 USD. Pencapaian ini menjadi yang terbesar ke-16 di dunia.

Potensi tersebut membuat banyak pihak melirik pasar eSport sebagai satu mata pencaharian. Bahkan, sekarang eSport telah dipertandingkan secara resmi. Perkembangan ini yang membuat IDBYTE mengangkat tema eSport di tahun 2019.

Seperti diketahui, IDBYTE ESPORT 2019 merupakan konferensi eSport pertama di Indonesia yang menghadirkan bermacam rangkaian acara. Mulai dari konferensi soal eSport, kompetisi PUBG, serta pencarian bakat di industri kreatif khususnya eSport.

"IDBYTE ESPORT 2019 diselenggarakan dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat akan potensi dan manfaat positif yang bisa dihasilkan dari industri eSports yang sedang berkembang dengan sangat cepat di Indonesia dalam beberapa tahun ini," ujar Chairwoman IDBYTE ESPORT 2019, Shinta Dhanuwardoyo di ICE BSD, Jumat (13/9/2019).

Ajang eSport yang dipertandingkan dalam acara ini adalah PUBG. Peserta baik perempuan maupun laki-laki memperebutkan total hadiah mencapai Rp750 juta. Nominal tersebut menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Sementara untuk grup putri, hadiah yang diperebutkan mencapai Rp250 juta.

Berangkat dari nominal hadiah tersebut, tak heran bila pihak penyelenggara menggadang-gadang turnamen ini sebagai momen untuk menyetarakan gender. Sebab dari total 43,7 juta pemain game Tanah Air, 44 persen di antaranya adalah perempuan.

Potensi besar dari industri eSport di Tanah Air perlu dikembangkan sehingga gelaran IDBYTE ESPORT 2019 menjadi pintu masuk untuk meningkatkan kegaiatan ini ke arah yang lebih baik. Hal ini juga diamini oleh Shinta. Dia yakin eSport menjadi satu industri baru yang bisa digarap pemerintah demi meningkatkan pendapatan di masa depan.

"Esport bukanlah sekedar kompetisi game dan fenomena game global yang sedang naik daun semata, tapi merupakan industri yang sunstable dan sedang tumbuh dengan pesat," katanya.

Dimulai sejak Jumat (13/9/2019), IDBYTE ESPORT 2019 akan berlangsung selama dua hari. Pada acara pembukaan ini hadir beberapa sosok penting Tanah Air seperti Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Sekertaris Kemenpora, Gatot S Dewabrata, serta pengusaha muda, Sandiaga Uno. (adv)


Editor : Bagusthira Evan Pratama

TAG : esports