MotoGP

Jadi Penyebab Kecelakaan di GP Katalan, Lorenzo Minta Maaf

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Senin, 17 Juni 2019 - 07:55 WIB
Jadi Penyebab Kecelakaan di GP Katalan, Lorenzo Minta Maaf

Kecelakaan terjadi pada GP Katalan di Sirkuit Barcelona, Minggu (16/6/2019) malam WIB. (Foto: Twitter @MotoGP)

BARCELONA, iNews,id  Pembalap tim MotoGP Repsol Honda Jorge Lorenzo merasa bersalah setelah mengakibatkan kecelakaan pada Grand Prix (GP) Katalan di Sirkuit Barcelona, Minggu (16/6/2019) malam WIB. Dia jadi penyebab dirinya serta tiga pembalap lain harus keluar dari balapan. 
 
Lorenzo yang kehilangan kendali pada putaran kedua di tikungan sepuluh, langsung menabrak rider Ducati Corse Andrea Dovizioso serta pembalap Monster Yamaha Maverick Vinales.

Pentolan Monster Yamaha Valentino Rossi juga terjatuh setelah tidak mampu menghindari motor Lorenzo. Akibatnya, mereka tidak mampu melanjutkan balapan. 
 
Lorenzo mengakui dirinya terlambat mengerem, sehingga roda depan kehilangan kendali. Dia pun sadar dirinya bersalah atas insiden yang mengakibatkan keempat rider itu tak bisa meneruskan balapan. 
 
“Tidak banyak pilihan yang bisa dilakukan ketika terlambat mengerem, seperti kejadian menimpa saya. Kejadian itu merupakan kesalahan saya dan minta maaf atas yang terjadi,” kata Lorenzo di laman resmi Honda. 

“Sangat tidak beruntung saya mengakibatkan Dovi, Maverick dan Valentino keluar dari balapan,” tuturnya.
 
Awalnya banyak yang menduga rider asal Spanyol itu kehilangan kendali akibat harus bermanuver menghindari Dovizioso yang kurang stabil. Hanya saja, Lorenzo menegaskan kecelakaan itu murni kesalahannya. 
 
“Sudah jelas kecelakaan itu bukan kesalahan mereka, melainkan tanggung jawab saya. Apa yang terjadi adalah kecelakaan. Sungguh disayangkan saya mengakibatkan ketiga pembalap itu harus mengakhiri balap,” ujarnya. 


Editor : Abdul Haris