Jelang Duel Versus Tony Ferguson, Khabib Nurmagomedov Pindah Lokasi Latihan

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 17:10 WIB
Jelang Duel Versus Tony Ferguson, Khabib Nurmagomedov Pindah Lokasi Latihan

Khabib Nurmagomedov (foto: bloodyelbow)

DAGESTAN, iNews.id – Pemegang sabuk kelas ringan UFC, Khabib Nurmagomedov, terpaksa memindahkan lokasi latihan jelang duel UFC 249 kontra Tony Ferguson. Penyebabnya, Amerika Serikat dalam situasi mengkhawatirkan penyebaran Covid-19.

Sejak duel tersebut ditentukan akan berlangsung di Barclays Center, Brooklyn, New York, pada 18 April mendatang, Khabib bersama timnya melakukan pemusatan latihan di Amerika Serikat tepatnya di Sasana Akademi Kickboxing America (AKA).

Namun, aktifitas latihan Khabib terganggu aturan pembatasan waktu operasional pusat-pusat kegiatan publik yang diberlakukan otoritas berwenang guna menghambat penyebaran Covid-19 di Negeri Paman Sam. Menurut laporan media Rusia TASS, tempat tersebut kini hanya buka selama dua jam per hari.

Situasi tersebut membuat persiapan Khabib kurang maksimal. Ia kemudian memutuskan untuk pulang kampung ke Dagestan, Rusia dan melanjutkan latihan di sana.

Pandemi Covid-19 juga mengancam keberlangsungan duel Khabib kontra Ferguson. Pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan aturan tidak memperbolehkan event apapun yang mengumpulkan orang dalam jumlah besar di tengah masifnya penyebaran Covid-19.

Namun, Presiden UFC, Dana White, menegaskan pihaknya berupaya agar pertarungan tersebut pasti digelar meski tidak ada penonton sekali pun. Kabarnya, UFC telah mengantongi lokasi pertarungan yang representatif. Namun, Dana masih enggan buka suara mengenai tempat yang dia maksud.

Ayah sekaligus manajer Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov, menyebut duel UFC 249 akan dipindahkan ke di Dubai. Sementara pelatih kepala The Eagle, julukan Khabib, Javier Mendez, mengatakan pertarungan berpeluang digelar di Abu Dhabi.

Pecinta UFC tentu tak ingin duel Khabib melawan Ferguson kembali ditunda untuk yang kelima kalinya. Sebelumnya, pertarungan sempat diagendakan pada 2015, 2016, 2017 dan 2018 namun gagal karena berbagai macam alasan.

Di 2015, duel gagal karena Khabib menderita cedera tulang rusuk dua bulan sebelum pertandingan. Setahun berselang, giliran Ferguson yang mundur akibat masalah pada paru-paru.

Kemudian di 2017, Khabib bermasalah dalam acara timbang badan hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Terakhir pada 2018, insiden aneh terjadi. Pertarungan mereka batal karena Ferguson cedera otot setelah jatuh tersandung kabel.

Editor : Arif Budiwinarto