Formula 1

Juara GP Shanghai, Hamilton Akui Ubah Gaya Mengemudi

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 14 April 2019 - 23:44 WIB
Juara GP Shanghai, Hamilton Akui Ubah Gaya Mengemudi

Pembalap Mercedes-AMG Lewis Hamilton ketika menjuarai GP China, Minggu (14/4/2019) . (Foto: WANG ZHAO/AFP)

SHANGHAI, iNews.id - Pembalap tim Formula One (F1) Mercedes-AMG Lewis Hamilton mengaku telah mengubah gaya mengemudinya saat memenangkan Grand Prix (GP) China di Sirkuit Shanghai, Minggu (14/4/2019). Dia mengungkapkan berkendara lebih halus demi meraih kemenangan di balapan itu.

Hamilton memang kesulitan menemukan performa terbaik pada sesi latihan bebas. Dia mengaku heran karena tak bisa tampil optimal. Pria Inggris itu kemudian menyadari harus mengurangi gaya agresifnya ketika balapan.

“Laju mobil tidak sesuai harapan sepanjang akhir pekan ini. Biasanya saya balapan dengan cepat dan agresif dan hal itu bisa bekerja dengan baik. Tetapi, saya tak bisa melakukannya pada balapan kali ini dan harus mengubah gaya mengemudi,” kata Hamilton pada laman resmi F1.

Pembalap berusia 34 tahun tersebut menyadari kesalahannya usai menjalani sesi kualifikasi. Setelah memulai balapan dari posisi kedua, dia mampu mendahului rekan satu timnya Valtteri Bottas dan tak tersentuh berada di urutan  terdepan. Hamilton mengaku baru kembali agresif, ketika jarak dengan rivalnya melebar.

“Saya harus mengganti transmisi dengan cara berbeda. Saya baru menyadari hal itu pada akhir babak kualifikasi. Saya bisa kembali ke gaya mengemudi semula pada akhir balapan, ketika bisa mempertahankan posisi,” ujarnya.

Berkat performa yang dominan pada GP China, Mercedes berhasil melewati tiga balapan dengan menempati posisi pertama dan kedua. Hamilton pun menganggap hasil itu diraih berkat kinerja tim yang memuaskan.

“Rasanya kami tidak tampil dominan, tetapi memang tim telah menunjukkan performa yang solid. Tim telah bekerja dengan baik, dan saya tak menduga bisa meraih tiga 1-2 pada awal musim,” tutur Hamilton.


Editor : Haryo Jati Waseso