Kanada Mengundurkan Diri dari Olimpiade Tokyo 2020

Bagusthira Evan Pratama ยท Senin, 23 Maret 2020 - 20:30 WIB
Kanada Mengundurkan Diri dari Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade 2020 terancam ditunda (Foto: Live science)

OTTAWA, iNews.id - Kanada memastikan absen dari Olimpiade Tokyo 2020. Mereka tak akan mengirim atletnya karena ancaman virus corona.

Olimpiade rencananya digelar dari 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Tapi pesta olahraga terakbar sejagad raya itu terancam ditunda sebab masyarakat dunia masih khawatir dengan banyaknya kasus kematian akibat corona.

"Komite Olimpiade Kanada (COC) dan Komite Paralimpiade Kanada (CPC), didukung oleh Komisi Atlet Organisasi Olahraga Nasional (NOC) dan pemerintah Kanada, telah membuat keputusan sulit untuk tidak mengirim tim pada Olimpiade dan Paralimpiade musim panas 2020," bunyi pernyataan resmi COC.

"Tidak ada yang lebih penting dari kesehatan dan keselamatan atlet-atlet kami. Dengan risiko Covid-19, tidak aman bagi kesehatan dan keselamatan atlet beserta keluarga mereka," lanjut pernyataan tersebut.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) sendiri belum membuat keputusan terkait nasib Olimpiade Tokyo 2020. Mereka baru membuat kebijakan pada awal Mei mendatang.

"Dewan Eksekutif IOC mengumumkan kami akan meningkatkan perencanaan skenario Olimpiade Tokyo 2020. Skenario-skenario ini berkaitan dengan memodifikasi rencana Olimpiade tetap dimulai pada 24 Juli sekaligus menyiapkan penundaan. Langkah ini memungkinkan visibilitas yang lebih baik terhadap perkembangan situasi kesehatan di seluruh dunia termasuk Jepang," bunyi pernyataan IOC.


Editor : Bagusthira Evan Pratama