Kejar Prestasi Tertinggi, Indonesia Rancang Desain Besar Olahraga Nasional

Bagas Abdiel ยท Senin, 15 Maret 2021 - 17:45:00 WIB
Kejar Prestasi Tertinggi, Indonesia Rancang Desain Besar Olahraga Nasional
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (Foto: Kemenpora)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjelaskan, Indonesia akan merancang desain besar olahraga Nasional. Hal ini dilakukan untuk mengejar prestasi tertinggi di dunia olahraga yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Menpora coba menggambarkan desain besar olahraga nasional tersebut usai Rapat Terbatas dengan presiden. Dia menjelaskan desain tersebut akan memberikan panduan perencanaan di bidang olahraga mulai dari hulu hingga hilir.

"Usia negeri ini sudah (menjelang) 76 tahun, tapi kita belum mempunyai Desain Besar. Bapak Presiden meminta kepada kami untuk melakukan review total terhadap ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional, penggunaan big data, dan menjadikan sport science sebagai unsur utama di dalam pembinaan olahraga nasional,” ucap Zainudin, Senin (15/3/2021).

Desain tersebut juga akan melibatkan sejumlah pihak yang terkait dengan olahraga seperti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI).

Lebih jauh, perguruan tinggi, akademisi, hingga praktisi olahraga akan dilibatkan dalam desain ini. Bersama mereka, Kemenpora akan melakukan uji publik desain keolahragaan nasional dan memperoleh masukan-masukan yang digunakan selama proses pembentukan desain.

"Pada intinya Desain Besar ini diterima. Tentu ada tambahan di sana-sini, ada masukan dari beberapa menteri yang hadir. Ini akan kami jadikan bahan untuk melengkapi lagi," tuturnya.

Editor : Abdul Haris

Halaman : 1 2