KTM Tunjuk Brad Binder sebagai Pengganti Johann Zarco di MotoGP 2020

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 24 Oktober 2019 - 18:39:00 WIB
KTM Tunjuk Brad Binder sebagai Pengganti Johann Zarco di MotoGP 2020
Pembalap Afrika Selatan Brad Binder jadi pengganti Johan Zarco di tim Red Bull KTM. (Foto: JOSE JORDAN/AFP)

PHILLIP ISLAND, iNews.id - Tim MotoGP Red Bull KTM resmi menunjuk pembalap asal Afrika Selatan Brad Binder sebagai rider pada musim 2020 mendatang. Binder bakal menjadi pengganti Johann Zarco yang meninggalkan KTM pada pertengahan musim ini.

Keputusan untuk menaruh Binder di tim utama KTM terbilang cuku berisiko. Pasalnya, musim ini saja Binder masih berlaga di kategori Moto2. Namun, Direktur KTM Motorsport Pit Beirer yakin Binder merupakan pilihan yang tepat untuk mernggantikan Zarco.

“Rencana kami untuk 2020 sudah jelas, dan harus ada perubahan menyusul pergantian pada tengah musim. Setelah berbincang dan menimbang, kami memutuskan untuk membiarkan darah muda yang lapar menunjukkan kemampuannya,” kata Beirer di laman resmi KTM.

Nama Binder sudah tidak asing di dalam keluarga KTM. Dia pernah membela tim Red Bull KTM sejak 2015 ketika masih di kelas Moto3. Tak hanya itu, dia juga cukup berprestasi, dengan menjadi juara Moto3 2016 bersama tim asal Austria tersebut. Beirer yakin Binder bisa mempertahankan gaya balapnya di kelas MotoGP.

“Brad merupakan pembalap yang telah menjalani kariernya bersama KTM. Kami tak ragu dia bisa bergabung dengan Red Bull KTM dan menampilkan gaya balap yang sama dengan sikap yang pantang menyerah,” ujarnya.

Sebelumnya, pihak KTM sempat berniat menaruh Binder di tim satelit KTM Tech3, menggantikan pembalap Malaysia Hafiz Syahrin. Banyak pihak menduga KTM bakal menarik rider asal Portugal Miguel Oliviera dari Tech3 ke tim utama, untuk menggantikan Zarco.

Meski begitu, rupanya pabrikan asal Austria itu lebih memilih jasa Binder, ketimbang Oliviera yang sudah berpengalaman mengendarai motor KTM RC16. Sedangkan untuk pengganti Syahrin di Tech3, KTM memilih pembalap Spanyol Iker Lecuona.

Zarco dikabarkan memutuskan hengkang dari KTM karena performa motornya yang tak memuaskan. Dari 13 balapan yang sudah diikutinya, prestasi terbaik pembalap Prancis itu hanya posisi ke-10 di GP Katalan.

Posisinya di KTM hingga akhir musim ini akan ditempati oleh Mika Kallio, yang menemani Pol Espargaro. Zarco pun dikabarkan bergabung dengan LCR Honda untuk tiga balapan tersisa, menggantikan Takaaki Nakagami yang menjalani operasi.

Editor : Haryo Jati Waseso

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda