Leclerc Dapat Pelajaran Berharga di Musim Perdana bersama Ferrari

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 07 April 2020 - 01:00:00 WIB
Leclerc Dapat Pelajaran Berharga di Musim Perdana bersama Ferrari
Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc (Foto: F1)

MONAKO, iNews.id - Pembalap tim Formula 1 (F1) Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, mendapat pelajaran penting setelah melewati musim pertamanya. Leclerc menyadari pentingnya kesabaran dalam balapan.

Leclerc bergabung dengan Ferrari di awal musim balap 2019 silam. Di musim perdananya bersama tim kuda jingkrak, pembalap 22 tahun tampil terbilang mengesankan. Dia 11 kali naik podium, dua diantaranya jadi juara di GP Belgia dan Italia. 

Performa apik Leclerc sempat membuatnya masuk dalam persaingan perebutan gelar juara. Sayangnya, di lima seri balap terakhir pria kebangsaan Monaco justru tak mampu naik podium bahkan dia sempat gagal finish di balapan ke-21 di Sirkuit Autodromo Jose Carlos Pace, Sao Paolo, Brasil. 

Di akhir musim balap 2019, Leclerc harus puas berada di urutan empat klasemen pembalap dengan mengemas 264 poin di bawah Lewis Hamilton yang jadi juara, kemudian, Valtteri Bottas dan Mark Verstappen.

Leclerc mendapat pelajaran penting dari musim lalu. Dia mengaku dirinya terlalu percaya diri di awal musim tetapi justru kehilangan fokus mendekati akhir. 

“Saya pikir kesabaran menjadi sangat penting, dan saya kesulitan melakukannya di tahun kemarin. Bersama Ferrari, saya belajar jika tidak semuanya berjalan sesuai harapan,” kata Leclerc dikutip dari Crash.

Mantan pembalap Alfa Romeo Sauber itu pun mengaku banyak belajar dari seluruh anggota tim Ferrari, termasuk Sebastian Vettel. Hal itu dirasa sangat penting pada karier F1 Leclerc yang baru seumur jagung.

“Terkadang saya harus bersabar dan belajar dari yang terbaik. Saya banyak belajar dari Seb (Vettel) dan anggota tim lainnya untuk menerima keadaan. Terkadang kami harus menunggu,” ujarnya.

Meski begitu, Leclerc mengaku dirinya tak memiliki niat untuk mengubah gaya balapnya. Dia hanya akan belajar untuk memperbaiki kesalahan dengan caranya sendiri.

“Tentunya saya membuat kesalahan sepanjang karier. Namun, hal itu juga membantu saya menjadi seperti sekarang dan belajar dari kesalahan. Rasanya saya tidak akan mengubah apapun,” tutur Leclerc.

Editor : Arif Budiwinarto

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda