Malaysia Juara Umum Bulutangkis SEA Games 2019, Indonesia di Tempat Kedua

Reynaldi Hermawan ยท Senin, 09 Desember 2019 - 22:32 WIB
Malaysia Juara Umum Bulutangkis SEA Games 2019, Indonesia di Tempat Kedua

Pebulutangkis Malaysia Zii Jia meraih medali emas SEA Games 2019 di sektor ganda putra. (Foto: The Star)

MANILA, iNews.idMalaysia menjadi juara umum cabang olahraga (cabor) bulutangkis pada ajang SEA Games 2019. Sementara Indonesia berada di posisi kedua dan Thailand di tangga ketiga.

Malaysia menjadi yang terbaik setelah total mendapatkan 10 mendali dengan rincian tiga emas, dua perak dan lima perunggu. Sementara Indonesia berada di posisi kedua dengan koleksi 7 medali (tiga emas, dua perak dan dua perunggu).

Pundi-pundi emas Malaysia hadir dari nomor perorangan yakni tunggal putra Lee Zii Jia, tunggal putri Kisona Selvaduray dan ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Kemudian dua perak diraih nomor beregu putra dan ganda campuran Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai.

Kemudian lima perunggu dipersembahkan ganda campuran Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, ganda putri Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean dan Vivian Hoo Kah Mun/Yap Cheng Wen, ganda putra Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dan nomor beregu putri.

Di sisi lain Indonesia meraih tiga medali emas dari nomor beregu putra serta ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu di nomor perorangan.

Lalu dua perak diraih nomor beregu putri dan nomor perorangan tunggal putri Ruselli Hartawan. Sedangkan medali perunggu dibawa pulang ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Hanigtyas Mentari dan ganda putra Wahyu Nayaka/Ade Yusuf yang kalah di semifinal.

Thailand yang ada di tempat ketiga menyegel satu emas, dua perak dan lima perunggu. Disusul Singapura yang meraih satu perak dan dua perunggu. Berikut rekap medali tiga kontingen teratas cabor bulutangkis SEA Games 2019:

Malaysia 10 medali
3 emas, 2 perak, 5 perunggu

Indonesia 7 medali
3 emas, 2 perak, 2 perunggu

Thailand 8 medali
1 emas, 2 perak, 5 perunggu


Editor : Haryo Jati Waseso