MotoGP

Manfaatkan Kecelakaan Beruntun Sang Rival, Marquez Juara GP Katalan

Reynaldi Hermawan ยท Minggu, 16 Juni 2019 - 20:15 WIB
Manfaatkan Kecelakaan Beruntun Sang Rival, Marquez Juara GP Katalan

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez juara GP Katalan 2019 di Sirkuit Barcelona, Minggu (16/6/2019) malam. (Foto: LLUIS GENE/AFP)

BARCELONA, iNews.id - Pembalap MotoGP Repsol Honda Marc Marquez berhasil naik podium teratas di Grand Prix (GP) Katalan di Sirkuit Catalunya, Minggu (16/6/2019) malam WIB. Kecelakaan beruntun yang dialami rivalnya, menjadi salah satu kunci kemenangan.

Keberhasilan itu sekaligus mengakhiri paceklik rider berjuluk The Baby Alien itu yang terakhir kali menang di sana pada 2014. Pada race tersebut, Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati), Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha dan rekan setim Marquez, Jorge Lorenzo memulai balapan dengan luar biasa.

Dovizioso yang start dari posisi lima berhasil memimpin balapan di tikungan pertama. Sedangkan Vinales naik dari posisi enam ke tempat ketiga, dan Lorenzo berada di posisi lima setelah start dari posisi sepuluh.

Drama langsung terjadi di putaran kedua. Lorenzo membuat Dovizioso, Vinales, dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) mengalami kecelakaan di tikungan kesepuluh.

Lorenzo yang kehilangan kendali di tikungan sepuluh, langsung menabrak Dovizioso serta Vinales. Begitu pula Rossi yang terjatuh setelah tidak mampu menghindari sepeda motor Lorenzo. Akibatnya, mereka tidak mampu melanjutkan balapan.

Kecelakaan tersebut menguntungkan Marquez yang langsung melesat ke depan dan memimpin hingga balapan usai. Posisi kedua menjadi Fabio Quartararo (Yamaha Petronas) dan Danilo Petrucci (Ducati) yang menduduki tempat ketiga.

Berikut hasil GP Katalan:


Editor : Haryo Jati Waseso