MotoGP

Manuver Terbatas, Vinales: Motor Yamaha Terlalu Besar

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 12 Januari 2019 - 14:05 WIB
Manuver Terbatas, Vinales: Motor Yamaha Terlalu Besar

Maverick Vinales (Foto: AFP)

ANDORRA, iNews.id  Pembalap tim MotoGP Movistar Yamaha Maverick Vinales menganggap motor Yamaha YZR-M1 andalannya memiliki ukuran yang terlalu besar. Akibatnya, dia kesulitan untuk bermanuver sesuai keinginan. 
 
Vinales sesungguhnya sudah meminta Yamaha untuk mengubah ukuran motornya sejak tiba 2017 lalu. Pasalnya, rider asal Spanyol itu hanya memiliki tinggi 165 cm, sedangkan motor Yamaha dikembangkan di sekitar Valentino Rossi yang merupakan pembalap tertinggi di MotoGP, dengan 182 cm.  
 
“Sejak awal saya sudah meminta Yamaha untuk membuat motor yang lebih kecil. Motor saya sekarang terlalu besar,” kata Vinales kepada Motosport
 
Pembalap berusia 23 tahun itu bahkan membandingkan Yamaha dengan motor Suzuki lamanya. Dia merasa ukuran Suzuki lebih mendukungnya untuk bermanuver lebih lihai. Hasilnya bisa terlihat dengan satu-satunya pembalap yang bisa memenangkan balapan bersama Suzuki, sejak kembali pada 2015 lalu. 
 
“Saya ingat ukuran motor Suzuki yang sempurna. Saya bisa menggunakan motor sesuai keinginan. Sementara dengan Yamaha, motornya terlalu besar,” ujarnya. 
 
Vinales yakin Yamaha sanggup merampingkan ukuran YZR-M1 agar lebih kecil. Tetapi, dia sadar tidak mudah untuk mengubah ukuran motor begitu saja. 
 
“Sulit untuk mengganti motor secara keseluruhan. Tetapi, kami bisa mempertimbangkan mesin, aerodinamika dan beberapa detail lainnya. Perbedaan ukuran akan sangat penting,” tutur Vinales. 
 
Menjelang musim 2019 bergulir, Vinales pun bertekad bersikap lebih tegas kepada para teknisi Yamaha untuk menyediakan motor yang bisa mendukung gaya balapnya. dia tak mau kesalahan-kesalahan pada musim lalu kembali terulang.

"Pada awal 2018, saya harusnya lebih yakin soal keputusan teknis, contohnya saat meminta untuk menjajal mesin 2016 lagi. Kala itu saya kurang keras kepala dan harus membayar akibatnya," ucp rider berjuluk Top Gun ini.


Editor : Abdul Haris