MotoGP

Motor Belum Kompetitif, Rossi Masih Pesimistis Hadapi Musim 2019

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 12 Februari 2019 - 23:45 WIB
Motor Belum Kompetitif, Rossi Masih Pesimistis Hadapi Musim 2019

Valentino Rossi (Foto: AFP)

TAVULIA, iNews.id  Pembalap tim MotoGP Monster Yamaha Valentino Rossi mengaku motor Yamaha YZR-M1 andalannya masih belum kompetitif usai menjalani uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Jumat (8/2/2019) lalu. 
 
Pada uji coba itu Rossi hanya menempati peringkat ke-11, sedangkan motor Ducati mengisi empat besar catatan waktu tercepat. Keadaan itu membuat pembalap berjuluk The Doctor itu ragu motornya bisa kompetitif jika harus balapan dengan kondisi motor seperti sekarang. 
 
“Saya masih khawatir, karena bakal langsung kesulitan jika kami langsung balapan esok harinya. Motor kami masih harus dibenahi lebih lanjut,” kata Rossi kepada Crash.net
 
Meski begitu, rider asal Italia tersebut yakin jarak antara motor sesungguhnya tidak terlalu jauh. Dia menyebut motor Yamaha tidak cocok di lintasan dengan kondisi panas, sedangkan rivalnya Marc Marquez baru menjalani cedera bahu. Keadaan itu membuat peta kekuatan sulit untuk dipastikan. 
 
“Ducati sungguh kencang ketika mengejar catatan waktu, serta Marquez tak bisa bersaing akibat cedera bahunya. Dan kami kesulitan di temperatur panas. Namun, kecepatan kami semua rasanya sedikit lebih dekat,” ujarnya. 
 
Setelah uji coba si Malaysia, kini Rossi akan melanjutkan program di Sirkuit Losail, Qatar, 23-25 Februari mendatang. Juara dunia tujuh kali itu berharap motornya memiliki performa yang berbeda, mengingat motornya tak akan mengalami perubahan berarti. 
 
“Uji coba pertama tidak buruk. Kami langsung menuju Qatar dalam 10 hari, jadi rasanya tidak ada yang baru dari motor. Tetapi, kami akan mencoba lintasan lain dengan temperatur berbeda, sehingga uji coba akan lebih menarik untuk dipahami,” tutur Rossi.


Editor : Abdul Haris