Penyelenggara Tengah Mempertimbangkan Nasib Grand Slam Wimbledon 2020

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 17:15 WIB
Penyelenggara Tengah Mempertimbangkan Nasib Grand Slam Wimbledon 2020

Wimbledon (foto: perfect tennis)

LONDON, iNews.id - Turnamen tenis Grand Slam Wimbledon 2020 berpotensi mengalami penundaan atau pembatalan akibat penyebaran Covid-19 di Eropa. Penyelenggara masih mempertimbangkan opsi mana yang akan diambil.

Grand Slam Wimbledon rencananya bakal berlangsung pada 29 Juni mendatang. Meskipun jarak waktunya masih dua bulan lagi, hal itu dianggap tetap berisiko.

Pasalnya, sejumlah turnamen sebelum Wimbledon yang seharusnya digelar April mendatang banyak yang ditangguhkan. Ditambah lagi penularan wabah Covid-19 di benua biru masih sulit diprediksi kapan berakhir.

Keadaan tersebut menjadi pertimbangan penyelenggara Grand Slam Wimbledon 2020 menyiapkan opsi ideal jika kondisi tidak juga membaik hingga mendekati waktu pelaksanaan.

“Turnamen persiapan untuk Wimbledon seharusnya dimulai pada akhir April. Untuk saat ini, sesuai dengan anjuran otoritas kesehatan, mengadakan turnamen dalam waktu singkat bakal menimbulkan risiko. Sedangkan tampil tanpa penonton tidak menjadi pilihan,” bunyi pernyataan di laman resmi Wimbledon.

“Wimbledon terus memperhatikan perkembangan situasi dan mengevaluasi segala skenario. Termasuk di antaranya adalah penundaan atau pembatalan sebagai akibat virus corona,” lanjut isi pernyataan.

Salah satu turnamen grand slam yang sudah dipastikan ditunda adalah Prancis Terbuka 2020. Ajang ini seharusnya digelar pada 24 Mei 2020 mendatang, namun diundur sampai 20 September 2020.

Perubahan jadwal ini mendapat kritik karena sangat mepet dengan turnamen grand slam lainnya yakni Amerika Serikat (AS) Terbuka yang akan dimainkan dari 26 Agustus sampai 8 September 2020.

Jika Wimbledon juga harus ditunda, konsekuensinya para petenis dihadapkan pada jadwal padat antara bulan Agustus-September terlebih bila tiga turnamen grand slam dimainkan dalam waktu berdekatan.

Sebelumnya, Federasi Tenis Internasional (ITF) sudah lebih dahulu menunda dan membatalkan sejumlah ajang selama Maret sampai April 2020. Termasuk di antaranya Indian Wells Masters dan Miami Terbuka.


Editor : Arif Budiwinarto