Performa Mengalami Penurunan, Rossi: Usia Bukan Penyebab

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 11 Juli 2019 - 16:12 WIB
Performa Mengalami Penurunan, Rossi: Usia Bukan Penyebab

Pembalap Monster Yamaha Valentino Rossi. (Foto: AFP)

TAVULIA, iNews.id - Pembalap tim MotoGP Monster Yamaha Valentino Rossi merasa umur bukan penyebab performanya menurun. Dia menegaskan masih memiliki keinginan yang kuat untuk terus bersaing.

Musim ini rider berusia 40 tahun itu memang kesulitan, meski mampu meraih dua podium pada tiga balapan pertama. Dia sempat bersaing memperebutkan posisi lima besar, tetapi kini harus bersusah payah hanya demi mendapat poin.

Banyak yang menganggap usia Rossi yang sudah mulai uzur menjadi penyebab penurunan prestasi. Tetapi, dia menegaskan dirinya belum kehilangan semangat untuk balapan.

“Memang benar saya sudah berumur. Tetapi, usia saya sudah terbilang tua sejak musim lalu, atau bahkan lima tahun silam. Tetapi, saya tak ada pikiran untuk menyerah atau kehilangan konsentrasi,” kata Rossi kepada Motorsport.

Pembalap asal Italia itu sadar dirinya kini tertinggal jauh dari para rivalnya, termasuk rekan satu tim Maverick Vinales yang lebih bersinar. Tetapi, dia yakin masih ada kesempatan untuk kembali bersaing.

“Saya selalu menjalani akhir pekan dan balapan dengan motivasi yang cukup. Tidak ada alasan untuk pensiun, meski saya 20 detik lebih lambat dibandingkan tahun lalu. Kami sadar bisa bangkit,” ujarnya.

Mantan rider Ducati Corse dan Repsol Honda itu merasa setelan motor menjadi penyebab dirinya kesulitan. Padahal, dengan motor yang sama Vinales mampu memenangkan balapan, bahkan pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo bisa meraih pole position.

“Motor tahun ini sepertinya memerlukan setelan yang berbeda. Tetapi, sulit untuk bisa menggunakan setelan terbaru, sementara Maverick dan Quartararo begitu kuat,” tutur Rossi.


Editor : Haryo Jati Waseso