Presiden Rusia Bakal Ukir Nama Khabib Nurmagomedov Jadi Nama Sekolah

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 18:33 WIB
Presiden Rusia Bakal Ukir Nama Khabib Nurmagomedov Jadi Nama Sekolah

Petarung UFC Khabib Nurmagomedov. (Foto: Kirill KUDRYAVTSEV/AFP)

DAGESTAN, iNews.id – Presiden Rusia Vladimir Putin memandang tinggi sosok petarung Ultimate Fighting Championship (UFC) Khabib Nurmagomedov. Dia pun berencana menggunakan nama sang petarung untuk sekolah di Dagestan, Rusia.

Dilansir Rusia Today, Putin menyiapkan dana 600 juta rubel atau sekitar (Rp132 miliar) untuk penggunaan nama Khabib untuk sekolah di Dagestan, yang notabene kampung halaman sang atlet.

Kabar tersebut keluar langsung dari mulut ayah Khabib yakni Abdulmanap, dalam wawancara bersama koran lokal, Teacher's Newspaper. Dia menjelaskan, keputusan Putin muncul setelah Khabib meminta Putin untuk meningkatkan mutu pendidikan di sana.

Abdulmanap juga berharap, dana dari Putin bisa dialokasikan dengan sebaik mungkin oleh pihak-pihak yang berwenang. Dia tak ingin niat baik tersebut tercoreng karena korupsi sejumlah oknum.

“Saya berharap uang ini akan digunakan untuk tujuan sesuai rencana. Dengan begitu, warga di Dagestan akan memiliki kesempatan untuk belajar, terdidik, dan melakukan sesuatu yang yang lebih baik,” kata Abdulmanap.

Hubungan Putin dan Khabib mulai terjalin setelah sang atlet berhasil mengalahkan petarung Irlandia Conor McGregor pada pertarungan perebutan gelar juara dunia kelas ringan UFC di T-Mobile Arena, Las Vegas, Oktober 2018.

Kala itu, Putin dikabarkan langsung menelepon Khabib untuk mengucapkan selamat. Dia bangga karena atlet 30 tahun itu bisa menaklukkan McGregor hanya dalam pertarungan empat ronde.

Sayang, kemenangan tersebut dinodai perkelahiannya dengan kru McGregor yang berlangsung di dalam dan luar oktagon. Kasus ini membuat mantan atlet Sambo itu diskors selama sembilan bulan dan didenda.

Tapi The Sun melaporkan kalau Khabib sudah kembali berencana naik ke atas ring. Pekan lalu, dia bahkan sudah menandantangani kontrak baru dengan UFC yang dikabarkan membuatnya menjadi atlet termahal di olahraga tersebut.

Petarung yang dijuluki The Eagle itu juga sudah mendapatkan lawan, yaitu atlet Amerika Serikat Dustin Pirier. Duel tersebut rencananya akan digelar di Abu Dhabi, 7 September mendatang.


Editor : Haryo Jati Waseso